Mengenal Jenis-Jenis Hama Tanaman Terong dan Cara Pengendaliannya

Dasar Pertanian - Hama tanaman merupakan salah satu kendala bagi petani dalam kegiatan budidaya tanaman. Karena banyak petani yang gagal panen gara-gara serangan hama yang semakin merajalela. Akibat serangan hama tersebut membuat tanaman mati dan petani mengalami kerugian. Seperti halnya tanaman terong, tentu saja tidak lepas dari serangan hama. Hama yang menyerang tanaman terong ini banyak jenisnya, muali dari golongan ulat, lalat, dan juga kutu. Untuk mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis hama pada tanaman terong, maka pada postingan kali ini dasar-pertanian akan membahasnya secara ringkas dan detail.

Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Terong


1. Ulat Grayak

Jenis hama yang sering menyerang tanaman terong yang pertama adalah ulat grayak. Ulat grayak merupakan jenis ulat yang memakan daun terong sehingga jika tidak segera ditangani akan menyebabkan tanaman terong mati karena tidak memiliki daun. Ulat grayak ini biasanya akan menyerang secara berkelompok dan jumlahnya lumayan banyak. Akibat serangan hama ulat grayak ini, maka bunga dan buah terong akan rontok dan ujung-ujungnya gagal panen.

2. Ulat Tanah

Hama terong selanjutnya adalah ulat tanah, nah bedanya dengan ulat grayak adalah ulat tanah ini menyerang pada malam hari dan bagian yang diserang adalah daun, batang, dan buah. Jika yang diserang pada bagian daun, maka menyebabkan daun berlubang dan rusak, jika yang diserang pada bagian batang, maka batang terong akan patah dan luka, sedangkan jika bagian yang diserang buahnya, maka buah akan mengalami pembusukan.

Jenis-Jenis Hama Tanaman Terong dan Cara Pengendaliannya
Gambar hama tanaman terong


3. Ulat Pengerek Batang

Hama ulat yang satu ini dinamakan ulat penggerek batang, dan dari namanya saja kita sudah tahu bagian yang diserang adalah bagaian bantang terong. Ulat ini akan memakan bagian batang terong yang masih muda, sehingga menyebabkan tanaman terong layu dan mati.

4. Kutu Daun (Aphids)

Hama pada tanaman terong yang selanjutnya adalah kutu daun. Kutu daun ini menyerang tanaman terong pada bagian daun muda atau pucuk daun. Cara menyerang kutu daun adalah dengan menghisap cairan yang ada pada tanaman sehingga menyebabkan daun terong menjadi keriting. Jika daun terong menjadi keriting, tentu saja menyebabkan pertumbuhan terong menjadi lambat dan tidak dapat berbuah dengan maksimal.

5. Kutu kebul

Sedangkan hama terong yang lainnya adalah kutu kebul. Apa itu kutu kebul? Kutu kebul adalah golongan kutu tanaman yang suka menurang pada bagian belakang daun tanaman. Ciri-ciri hama kutu kebul ini adalah berwarna putih seperti kapas yang ada pada bagian belakang daun dan biasnaya didalam kerumunan tersebut ada seperti benag halus dan berwarna putih. Apabila kita sentuk maka kerumunan tersebut akan berhamburan kemana-mana layaknya kapas. Akibat serangan kutu kebul pada tanaman terong, menyebabkan daun muda menjadi keritinf dan tanaman bisa kerdil.

Itulah Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Terong, sedangkan untuk mengendalikan hama pada tanaman terong, anda bisa membacanya dalam artikel yang sudah kami tulis pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong

Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua tentang jenis-jenis hama terong dan bagaimana pula cara mengendalikannya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi dasar-pertanian ini guna mendapatkan update terbaru artikel pertanian yang akan kami rilis. Salam pertanian.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Hama Tanaman Terong dan Cara Pengendaliannya"

Post a Comment