Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya

Dasar Pertanian - Pernahkah anda mengalami gagal panen buah matoa gara-gara hampir semua kulit buah matoa mengalami retak dan pecah bahkan sebagian banyak yang busuk? Jika itu pernah terjadi pada tanaman matoa anda, maka anda tidak perlu lagi risau untuk kedepannya, karena dengan membaca artikel di dasar-pertanian ini anda akan menemukan solusinya. Belum lama ini banyak sekali petani matoa yang sedih karena gagal panen lantaran hampir seluruh buah matoa mereka mengalami keretakan pada kulitnya atau pecah-pecah. Dengan pecahnya kulit tersebut tentu akan memancing mikroorganisme seperti lalat, lebah, dan serangga atau hama lainnya untuk masuk kedalam buah dan menghisapnya. Akhirnya buah matoa akan busuk dan rontok.

Apa penyebab kulit matoa pecah-pecah dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini beberapa gambar buah matoa yang mengalami pecah kulit. 

Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya

Penyebab Kulit Buah Matoa Retak dan Pecah-Pecah

Penyebab Kulit Matoa Retak dan Pecah
Gambar hama pada buah matoa sedang menghisap cairan buah


Penyebab Kulit Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah


1. Kondisi cuaca yang tidak menentu

Penyebab kulit buah matoa pecah-pecah bisa terjadi karena pengaruh cuaca yang tidak menentu. Biasanya cuaca panas atau kemarau yang panjang, kemudian tiba-tiba datang hujan mengguyur tanaman. Lantas kok bisa terjadi hal demikian, bukannya justru ada hujan malah bagus? Begini penjelasannya, retak kulita buah matoa atau pecah kulit itu terjadi karena tanaman kaget atau tidak siap menerima air pada kondisi kering dan panas yang berlangsung lama. Sehingga akar tanaman secara cepat akan menyerap unsur hara dan segera mengirimkannya pada buah. Nah akibat serapan unsur hara yang begitu cepat dan tiba-tiba, maka buah akan mengimbangi dengan langsung memperbesar ukuran, tetapi daya elastisitas kulit lemah sehingga akan mudah retak dan pecah.

2. Serangan hama dan penyakit

Penyebab kulit buah matoa pecah-pecah juga bisa terjadi karena adanya serangan hama dan penyakit yang mengganggu. Contohnya saja hama tawon atau lebah yang suka menyuntikkan racun pada saat buah matoa sedang berbuah, sehingga tidak sampai buah matang sudah pecah dan busuk terlebih dahulu.

Artikel menarik lainnya : 

3. Kekurangan unsur hara mikro

Salah satu penyebab kulit buah matoa menjadi pecah bisa juga karena tanaman kekurangan unsur hara mikro seperti kalsium dan kalium. Kekurangan aasupan mikro pada tanaman dapat mengakibatkan dinding sel pada kulit buah menjadi tidak elastis. Selain itu kekurangn asupan kalsium dan kalium pada tanaman dapat mengakibatkan bagian-bagian tanaman seperti batang, ranting, cabang, serta tangkai buah menjadi lemah.


Namun jika retak dan pecah kulit buah matoa terjadi secara massal, mungkin hal itu karena faktor cuaca, seperti yang ada pada point pertama tadi. Jadi untuk mengatasi dan mencegahnya anda bisa melakukan penyiraman pada tanaman setiap hari secara rutin, memberikan asupan unsur hara seperti kalsium dan kalium, serta memberantas hama dan penyakit. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment