Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Dasar Pertanian - Pengertian Pestisida adalah bahan-bahan yang mengandung zat kimia yang berfungsi untuk memberantas hama maupun penyakit pada tumbuhan. Defenisi lain dari pestisida sebagaimana di kutip dari www.dictio.id mengatakan bahwa Pestisida berasal dari dua suku kata yaitu pest (=pengganggu) dan cide (= racun). Jadi maksudnya pestisida adalah semua zat atau campuran zat yang khusus berfungsi untuk mengendalikan serangga pengganggu, binatang pengerat, nematoda, jamur, gulma (rumput liar), virus, bakteri dan jasad renik lain yang terdapat pada manusia dan binatang, termasuk semua zat yang digunakan untuk mengatur pertumbuhan tanaman atau pengering hasil pertanian.

Ada banyak jenis-jenis pestisida yang kita kenal dan sering digunakan oleh para petani, pada postingan kali ini dasar pertanian akan berbagi informasi tentang jenis-jenis pestisida. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Mengenal Jenis-Jenis Pestisida

Jenis-Jenis Pestisida


1. Insektisida


Pernahkan anda mendengar kata insktisida? Insektisida adalah sejenis pestisida yang berfungsi khusus untuk memberantas serangga, seperti ulat, walang sangit, kutu daun, dan jenis serangga pengganggu lainnya. Adapun contoh insektisida yang sering digunakan di antaranya: tiodan, diazinon, propoksur, basmion, basudin,  diklorovinil dimetil fosfat, timbel arsenat, dan magnesium fluorosilikat.

2. Herbisida


Selain insektisida ada juga Herbisida, apa itu herbisida? Herbisida adalah sejenis pestisida yang berguna untuk mencegah atau memberantas gulma atau rumput liar pengganggu tanaman budidaya. Adapun contoh gulma ini seperti alang-alang, rumput teki, eceng gondok dan lain sebagainya. Adapun contoh herbisida yang sering digunakan para petani di antaranya: glifosat, gramoxone, totacol, pentakloro fenol, dan amonium sulfonat.
Baca juga: Pengertian Herbisida dan Contohnya

3. Fungisida


Jenis pestisida selanjutnya bernaman fungisida. Fungisida adalah jenis pestisida yang berfungsi untuk membasmi dan memberantas jamur (fungi). Adapun contoh fungisida yang sering digunakan petani seperti timbel (I) oksida, carbendazim, tembaga oksiklorida, dan juga natrium dikromat.

4. Nematisida


Jenis pestisida yang selanjutnya bernama nematisida, kalau Nematisida adalah jenis pestisida yang berguna untuk memberantas hama cacing. Dimana hama cacing ini adalah caing yang suka merusak akar atau umbi pada tanaman. Sedangkan contoh nematisida yang banyak digunakan adalah oksamil dan natrium metam.

5.  Rodentisida


Jenis pestisida yang ini bernaman rodentisida, Rodentisida yaitu sejenis pestisida yang berfunsi untuk memberantas binatang pengerat seperti tikus. Adapun contoh rodentisida yang juga banyak digunakan petani adalah klerat, racumin, RatTropik, dan lain-lain.

Itulah Jenis-Jenis Pestisida yang sering digunakan dalam bidang pertanian maupun perkebunan, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Pestisida"

Post a Comment