Tips Ampuh Agar Kedondong Bangkok Rajin Berbuah

Dasar Pertanian - Secara umum menanam kedondong adalah mudah, namun bagi sebagian orang yang masih awam akan mengalami sedikit kesulitan. Pada postingan sebelumnya admin sudah memberikan sedikit penjelasan tentang tips budidaya kedondong dalam pot atau polybag. Jadi menanam Kedondong itu kita bisa melakukan berbagai cara salah satunya adalah menanam di dalam pot atau polybag sebagaimana yang sudah admin bahas pada postingan sebelumnya. Untuk jenis-jenis Kedondong itu juga sangat banyak sekali salah satunya adalah Kedondong bangkok.

Pada postingan kali ini dasar pertanian akan memberikan sedikit tips cara agar Kedondong bangkok rajin berbuah. Anda semua yang memiliki Kedondong bangkok tentu ingin agar buah kedondong yang anda tanam tuh rajin berbuah bukan? Untuk itu silahkan anda baca artikel ini sampai habis agar anda bisa tahu bagaimana tips budidaya Kedondong bangkok agar rajin berbuah. Sebenarnya ada beberapa tips agar Kedondong bangkok yang kita tanam itu rajin berbuah lebat.  Berikut penjelasan singkatnya bisa anda baca.

Tips Ampuh Agar Kedondong Bangkok Rajin Berbuah

Tips Ampuh Agar Kedondong Bangkok Rajin Berbuah


1. Penyiangan

Tahukah Anda apa penyangan itu? Penyiangan adalah salah satu teknik untuk membersihkan rumput liar/gulma yang ada di sekeliling tanaman dengan cara mencabut/membersihkan rumput rumput liar tersebut. Sebaiknya kita lakukan penyiangan atau pencabutan rumput tersebut hingga ke akar-akarnya supaya tidak dapat tumbuh lagi,  kalaupun tumbuh dia akan lama jika kita mencabut sampai ke akarnya, berbeda jika kita hanya memangkas nya maka gulma akan cepat sekali tumbuhnya.

2. Penggemburan tanah

Tips yang kedua Agar tanaman Kedondong bangkok ini bisa berbuah lebat dan rajin berbuah adalah dengan cara menggemburkan tanah yang ada di sekeliling tanaman kedondong tersebut. Namun yang perlu diingat adalah kita harus hati-hati ketika menggemburkan tanah jangan sampai merusak akar tanaman Kedondong tersebut.

3. Penyiraman tanaman

Teknik yang ketiga supaya tanaman Kedondong bangkok dapat rajin berbuah adalah penyiraman yang kita lakukan harus benar. Penyiraman tanaman Kedondong bangkok sebaiknya kita lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, namun tergantung kebutuhan tanaman apakah musim kemarau atau musim penghujan. Jika musim kemarau  tentu penyiraman dapat kita tingkatkan lagi.

4. Pemupukan tanaman

Pupuk adalah nutrisi penting bagi tanaman atau bisa dikatakan juga pupuk adalah makanan bagi tanaman. Jadi sangat penting sekali kita lakukan pemupukan pada tanaman Kedondong bangkok ini agar hasil buah menjadi maksimal.

Untuk dosis pemupukan sebaiknya diberikan pupuk Urea pada saat tanaman Kedondong berusia 2 bulan hingga 4 bulan dengan dosis kira-kira 100 gram untuk satu tanaman kedondong. Ketika tanaman sudah berusia di atas 4 bulan atau tepatnya berusia 6 bulan ke atas silakan Anda berikan pupuk kandang kira-kira 10-15 kg untuk satu pohon. Sedangkan ketika tanaman Kedondong sudah memasuki masa berbuah kita bisa memberikan pupuk NPK.
Baca juga : Tips Budidaya Kedondong Dalam Pot/Polybag

5. Pemangkasan

Tips agar Kedondong bangkok rajin berbuah selanjutnya adalah dengan cara melakukan pemangkasan cabang dan ranting-ranting pada tanaman. Tahukah anda bahwa pemangkasan ini berguna untuk merangsang keluarnya bunga yang biasanya seringkali beriringan dengan adanya tunas-tunas baru dan daun-daun baru.  Selain itu manfaat pemangkasan pada tanaman juga Agar tanaman tidak tumbuh tinggi sehingga kita hanya memiliki tanaman yang pendek namun cabangnya banyak dan buahnya lebat.

Itulah beberapa Tips Ampuh Agar Kedondong Bangkok Rajin Berbuah, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan anda semua .

0 Response to "Tips Ampuh Agar Kedondong Bangkok Rajin Berbuah"

Post a Comment