Inilah Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Mau Berbuah

Dasar Pertanian - Buah kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang banyak di minati semua kalangan karena buah kelengkeng memiliki rasa yang nikmat, manis dan berbeda dari buah lainnya. Untuk membudidayakan buah kelengkeng ini bisa di bilang gampang-gampang susah, maksudnya yaitu tidak semua orang bisa membudidayakan buah kelengkeng dengan baik hingga menghasilkan buah berkualitas. Butuh proses dan pembelajaran untuk dapat membudidayakan buah kelengkeng dengan baik dan benar. Jika tidak mau belajar dan mencari tahu bagaimana cara membudidayakan buah kelengkeng dengan baik dan benar, alhasil nanti pohon kelengkeng tidak mau berbuah dan mungkin akan lama berbuah.

Banyak masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh petani kelengkeng, terutama bagi mereka yang baru memulai budidaya buah kelengkeng. Salah satu masalah yang paling sering muncul dalam budidaya buah kelengkeng adalah pohon kelengkeng tidak mau berbuah. Lantas apa penyebab pohon kelengkeng tidak mau berbuah? Berikut ini dasar pertanian merangkung beberapa alasan kenapa pohon kelengkeng tidak mau berbuah.

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Mau Berbuah


Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Mau Berbuah


1. Pemilihan benih yang salah

Benih kelengkeng sangat menentukan sekali berhasil tidaknya kita dalam budidaya kelengkeng. Jika benih yang kita tanam adalah benih berkualitas, terutama bibit yang berasal dari pembibitan tehnik vegetatif, maka hasilnya nanti akan bagus. Tapi jika kita menanam bibit kelengkeng dari sistem generatif, mungkin akan sulit sekali berbuah dan jika berbuah pun akan memakan waktu yang cukup lama.


2. Lokasi yang kurang mendukung

Menanam pohon kelengkeng juga harus tahu kondisi tanah yang cocok untuk menanam pohon kelengkeng. Jadi jika selama ini pohon kelengkeng yang anda tanam belum juga berbuah, dan sudah bertahun tahun tidak mau berbuah, bisa jadi karena kondisi tanah yang kurang mendukung atau tidak cocok untuk tanaman kelengkeng.


3. Tehnik perawatan yang kurang baik

Perawatan juga mempengaruhi kualitas tanaman yang kita budidayakan, jika kita tidak merawat tanaman dengan baik, atau membiarkan tanpa ada sentuhan sedikitpun seperti pemupukan, penanggulangan hama penyakit, perempelan, pemangkasan, dan lain-lain, maka bisa jadi itulah yang membuat pohon kelengkeng anda tidak kunjung berbuah.

Itulah beberapa kemungkinan Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Mau Berbuah. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Mau Berbuah"

Post a Comment