Inilah Penyebab Bunga Cabai Sering Rontok Sebelum Menjadi Buah

Dasar Pertanian - Budidaya tanaman cabai memang sangat menguntungkan bagi kita jika di lakukan dengan baik dan benar. Terbukti banyak petani cabai yang sukses dan meraup banyak keuntungan dari budidaya cabe tersebut. Namun terkadang ada sebagian petani yang tidak mendapatkan keuntungan dalam berbudidaya cabai dikarenakan gagal panen. Salah satu faktor penyebab gagalnya panen cabai adalah serangan hama penyakit tanaman. Kebanyakan gagalnya budidaya tanaman cabe ini di awali dengan rontoknya bunga cabai sebelum dapat berbuah. Jika demikian terjadi, maka harapan untuk mendapat keuntungan dari budidaya cabai akan sirna.

Lalu apa sebenarnya faktor yang menyebabkan bunga cabe sering rontok sebelum menjadi buah? Jika selama ini pertanyaan itu yang menghantui anda selaku petani cabai, maka disini anda akan mengetahui jawabannya. Karena pada postingan ini admin akan memberikan beberapa faktor penyebab kenapa bunga cabai sering mengalami kerontokan sebelum menjadi buah. Berikut ini penjelasannya.


Penyebab Bunga Cabai Sering Rontok Sebelum Menjadi Buah

Penyebab Bunga Cabai Sering Rontok Sebelum Menjadi Buah


Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa bunga cabai gugur atau rontok sebelum waktunya berbuah, nah adapun penyebabnya diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Karena serangan hama trips dan hama kutu-kutuan (Aphid)

Salah satu penyebab kenapa bunga cabai sering rontok adalah karena adanya serangan hama seperti trips dan jenis hama kutu lainnya, sehingga akibat racun yang ditimbulkan dari hama tersebut menyebabkan bunga cabai rontok.


2. Karena serangan penyakit dan virus

Faktor penyebab kenapa bunga cabai sering rontok sebelum berbuah adalah karena adanya serangan penyakit atau virus, sehingga menyebabkan bunga rontok sebelum menjadi buah.


3. Karena faktor pemupukan yang salah

Pemupukan yang salah pada tanaman cabai yang sedang berbunga juga mempengaruhi dan bisa menyebabkan rontok bunga cabai. Seperti pemberian dosis pupuk Nitrogen secara berlebihan, dan jenis pupuk lainnya yang seharusnya tidak berlebihan, kecuali pupuk organik.


4. Karena faktor cuaca dan alam yang tidak bersahabat

Cuaca yang tidak bersahabat seperti kemarau panjang sehingga menyebabkan kekeringan, juga menjadi penyebab rontok bunga cabai. Kita harus tahu bagaimana cara mengatasi kekeringan dalam budidaya cabai agar tidak rontok bunga maupun buah cabai.


5. Karena kekurangan unsur hara baik mikro maupun makro

Kekurangan unsur hara pada tanah dan tanaman juga bisa menjadi penyebab rontok bunga pada tanaman cabai. Jadi budidaya cabai ini harus benar-benar tahu apa saja hal yang dapat menyebabkan tanaman cabai rontok, baik bunga, buah, daun dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Penyebab Bunga Cabai Sering Rontok Sebelum Menjadi Buah. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan bisa menambah ilmud serta wawasan bagi pembaca semua.

0 Response to "Inilah Penyebab Bunga Cabai Sering Rontok Sebelum Menjadi Buah"

Post a Comment