Penyebab Daun Bibit Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya

Dasar Pertanian - Halo sobat tani semuanya yang ada di seluruh nusantara dan khususnya para pembaca setia dasar pertanian, apa kabar semuanya. Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan sedikit berbagi informasi yang berkaitan dengan masalah daun sawit yang kuning. Pernahkah anda menangkarkan bibit sawit sendiri dan mengalami kendala seperti ini yaitu daun pada bibit sawit kuning? Meskipun terlihat sepele, namun jika dibiarkan kuning tanpa ada penanganan akan menyebabkan terhambatkan pertumbuhan bibit sawait tersebut.

Ada beberapa teman petani yang bertanya terkait hal ini, mereka menanyakan apa sebenarnya penyebab daun bibit sawit menguning secara tiba-tiba. Padahal untuk masalah kuning pada bibit sawit ini jarang terjadi, biasanya yang sering terkena kuning daun hanya pada sawit dewasa saja. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa daun bibit sawit anda mengalami penguningan.

Penyebab Daun Bibit Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya


Penyebab Daun Bibit Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya


Adapun faktor yang menyebabkan daun bibit sawit menguning diantara adalah sebagai berikut :

1. Kurang penyiraman

Biasanya jika tanaman sawit terutama pada saat pembibitan sawit, kita di anjurkan untuk rajin menyiram. Jika bibit sawit kurang air atau kurang siram, maka daun bibit sawit bisa mengalami kuning. Maka dari itu jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari, pagi dan sore hari.


2. Kekurangan unsur hara

Tidak hanya karena kurang penyiraman saja yang membuat daun sawit ini menguning, namun kekurangan unsur hara pada tanaman bibit sawit akan menyebabkan kuning daun. Terutama jika bibit sawit kekurangan unsur Magnesium (Mg)


3. Faktor bakteri pada akar

Bakteri juga dapat menyebabkan daun bibit sawit menguning, untuk mencegahnya lakukan perawatan intensif dan beri penyemprotan khusus bakteri.

Untuk mengatasi masalah pada daun bibit sawit yang mengalami penguningan daun, di perlukan beberapa tindakan, seperti :
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, terutama pada pagi dan sore hari.
  • Jika tanaman kekurangan unsur hara Mg, maka pemberian pupuk NPK sangat membantu memberikan untuk hara tersebut.
  • Lakukan perawatan yang benar-benar intensif sehingga bibit sawit tidak terkena serangan hama, penyakit dan bakteri lainnya.

Itulah sedikit informasi tentang Penyebab Daun Bibit Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Penyebab Daun Bibit Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment