Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Tanaman Cabai Tidak Berbuah Secara Maksimal

Dasar Pertanian - Memiliki tanaman cabai yang berbuah maksimal adalah harapan semua petani cabai. Namun sayangnya untuk mendapatkan hasil maksimaldalam budidaya cabai tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Artinya butuh kerja keras dan perawatan ekstra. Karena tanaman cabai ini merupakan tanaman yang rentan, baik terhadap hama maupun penyakit tanaman. Kebanyakan masalah yang sering timbul dalam budidaya cabai adalah tanaman cabai keritingdan hasilnya buah cabai juga keriting. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa tanaman cabai tidak dapat berbuah maksimal. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi sedikit informasi tentang faktor penyebab tanaman cabai tidak produktif dan tidak dapat berbuah maksimal.

Sebelumnya juga pernah admin posting tentang faktor penyebab daun tanaman cabai keriting. Daun cabai yang keriting ini juga menjadi salah satu faktor penyebab kenapa buah cabai tidak optimal. Selain itu ada juga faktor lain yang akan admin bagikan berikut ini.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Tanaman Cabai Tidak Berbuah Secara Maksimal
Tanaman cabai kurang maksimal karena faktor tanah kurang subur ( Foto original dasar-pertanian )


Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Tanaman Cabai Tidak Berbuah Secara Maksimal


1. Tanah

Tanah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan tanaman cabai. Meskipun bibit cabai berkualitas dan pola tanam cabai bagus tapi tanah tidak subur, maka hasilnya juga tidak bagus, bisa jadi tanaman cabai kerdil, keriting, dan lambat pertumbuhannya.

2. Bibit

Pemilihan bibit cabai yang berkualitas sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam budidaya cabai. Jika bibit cabai tidak bagus, maka itu juga menjadi faktor penyebab tanaman cabai tidak berbuah maksimal.

3. Pupuk

Pupuk adalah nutrisi penting bagi tanaman, tanpa diberi pupuk maka tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Salah satu akibat tanaman tidak diberi pupuk adalah tanaman tidak dapat berbuah maksimal. Begitu juga dengan tanaman cabai, tidak diberi pupuk maka buah cabai tidak akan bagus.

4. Air

Peran air juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa hal diatas, dan bahkan tanpa air semua makhluk hidup akan mati, tanaman pun juga akan mati. Tanaman cabai sekalipun juga perlu air, jika tidak ada air, artinya lahan yang ditanami cabai gersang dan tidak tersedia air, musim kemarau misanya, dan tidak pula disiram, maka jelas tanaman cabai tidak akan berbuah.

Jadi 4 hal diatas merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam budidaya cabai. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat berfanfaat dan menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Tanaman Cabai Tidak Berbuah Secara Maksimal"

Post a Comment