Cara Mudah Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen )

Dasar Pertanian - Gulma merupakan salah satu masalah dalam bidang pertanian maupun perkebunan. Gulma adalah rumput atau tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman dan kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Jenis-jenis gulma memang cukup banyak dan bervariasi. Ada gulma yang memiliki daun lebar dan ada juga gulma berdaun sempit. Ada gulma yang memiliki batang keras dan sulit untuk dikendalikan dan ada juga gulma yang mudah di kendalikan. Salah satu jenis gulma yang sangat sulit di kendalikan adalah tanaman senggani atau biasanya kai sebut sengganen/garudu. Cara mengendalikan senggani ini bisa dikatakan cukup sulit karena tanaman senggani memiliki daya tahan yang kuat. Jika hanya di tebas saja maka akan tumbuh lagi.

Pada umumnya gulma senggani ini akan tumbuh pada lahan yang keras dan jarang disentuh oleh pemilik lahan. Untuk mengendalikan senggani diperlukan beberapa tips yang saya rasa cukup mudah. Berikut ini beberapa Cara Mudah Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen ) yang bisa anda coba sendiri.
 
Cara Mudah Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen )

1. Menggunakan cangkul

Cara mengendalikan gulma senggani yang paling mudah adalah dengan mencangkul sampai bagian akarnya. Cara ini memang terkesan lama dan melelahkan namun dapat mencegah gulma ini utnuk tumbuh kembali.

2. Menyemprot dengan herbisida

Cara kedua mengendalikan gulma senggani adalah dengan menyemprot herbisida khusus untuk senggani. Silahkan anda tanyakan di toko pertanian terdekat apa herbisida yang bagus untuk tanaman senggani.

3. Menebas

Cara paling sering dilakukan petani untuk mengendalikan dan membersihkan lahan dari gulma senggani adalah dengan menebasnya. Tapi jika senggani ditebas maka tidak lama ia akan tumbuh lagi, kecuali anda menebasnya hingga keakar-akarnya.

Mungkin itu Cara Mudah Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen ) yang umum dilakukan oleh kebanyakan petani, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mengendalikan Gulma Senggani ( Sengganen )"

Post a Comment