Lahan Sawah Kering Akibat Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi

Dasar Pertanian - Musim kemarau disaat memasuki masa tanam padi menyebabkan petani terlambat dalam proses penanaman padi. Karena menanam padi di musim kemarau ini sangat menyulitkan dan rentan gagal panen. Namun jika tidak memiliki alternatif untuk menanam padi dimusim kemarau, maka petani tidak akan memiliki penghasilan dan hal itu juga akan menghambat pasokan beras. Seperti yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, petani terhambat dalam menanam padi sawah karena sawah kering akibat kemarau. Lahan sawah kering ini sudah terjadi sejak 1 bulan terakhir dan aliran irigasi juga tidak mengalir. Sehingga sawah menjadi kering, jika sawah terlalu lama kering maka tekstur tanahnya akan keras dan membutuhkan waktu yang lama untuk melunakkannya kembali.

Lahan Sawah Kering Akibat Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi
Gambar Lahan Sawah Kekeringan Akibat Kemarau ( Foto Original dasar-pertanian )


Sebenarnya ada altenatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi lahan sawah kering akibat kemarau ini, salah satunya adalah dengan membuat waduk atau kolam khusus di area sekitar lahan, dan waduk atau kolam ini terhubung langsung dengan parit irigasi. Selain itu jika musim kemarau tiba, maka sebaiknya hidupkan aliran irigasi dan minta pemerintah untuk menghidupkannya.

Sangat penting memang manfaat irigasi ini bagi pertanian sejenis padi sawah. Terutama pada saat musim kemarau, air irigasi akan terus mengaliri lahan sawah kapan saja. Jadi meskipun musim kemarau tiba, petani tetap bisa menanam padi tanpa hambatan.

Mudah-mudahan musim kemarau segera berlalu dan petani dapat melakukan aktivitasnya menanam padi.

0 Response to "Lahan Sawah Kering Akibat Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi"

Post a Comment