Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Tahukah anda dengan buah Melon? Melon adalah salah satu buah-buahan yang tergolong kedalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Melon atau buah yang memiliki nama latin Cucumis melo L ini merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai campuran dalam minuman atau sering juga dijadikan ekstrak minuman serbuk segar. Ciri-ciri buah melon ini adalah berbentuk bulat mirip semangka dan isi buah ketika dibelah mirip dengan labu. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang menyukai buah melon ini. Lalu bagaimana cara menanam buah melon yang baik dan benar? Bagi anda yang ingin mencoba tehnik budidaya buah melon dengan hasil maksimal silahkan baca terus artikel ini hingga selesai.

Sebelum kita memulai membudidayakan melon, terlebih dahulu harus diketahui adalah syarat tumbuh tanaman melon. Adapun syarat tumbuh melon adalah sebagai berikut :

Syarat tumbuh

  • Tanaman melon baik tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 300 sampai 1000 meter diatas permukaan laut (dpl).
  • Intensitas curah hujan yang bagus dan ideal untuk tananam melon yaitu sekitar 2000 hingga 3000 mm/tahun.
  • Untuk pH tanah sekitar 6,0 - 6,8 dengan kelembaban udara berkisar antara 70% - 80%.
  • Tanaman melon wajib mendapat penyinaran sinar matahari setidaknya 10 - 12 jam /hari.


Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar


Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar


1. Persiapan bibit ( pembibitan )

Sebelum menanam melon, kita diharuskan untuk menyiapkan bibit atau melakukan pembibitan melon. Cara membibitkan melon yang baik dan benar adalah sebagai berikut :
  • rendam benih melon selama kurang lebih 3 jam sampai jadi kecambah.
  • pindahkan kecambah kedalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk.
  • lakukan penyiraman secara rutin di pagi atau sore hari.
  • jika benih melon sudah memiliki setidaknya 3-5 helai daun ( biasa berkisar umur 12 hari setelah pembibitan ), maka bibit sudah bisa dipindahkan atau ditanam pada lahan.

2. Persiapan lahan

Menjelang bibit tumbuh dan siap untuk ditanam pada lahan, sebaiknya anda juga mempersiapkan lahan tempat menanam buah melon. Buahlah bedengan yang rapi dan terlebih dahulu gemburkan tanah menggunakan cangkul atau mesin yang tujuannya adalah supaya tanah menjadi lebih subur.


3. Penananam bibit

Setelah point 1 dan 2 siap, maka saatnya menanam bibit melon pada lahan garapan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Buatlah lubang tanam dengan jarak tanam melon yang ideal adalah 50-60 cm antar lubang tanam. Setelah bibit selesai ditanam semua, segera siram dengan air agar tidak kering.


4. Tehnik perawatan melon

Perawatan tanaman wajib kita lakukan jika ingin sukses dalam budidaya tanaman, begitu juga dengan tanaman melon yang kita tanam, maka perlu kita rawat dengan baik. Adapun cara perawatan tanaman melon ini mencakup penyiraman rutin, pemupukan, pemberian tiang ajir, pecegahan dan pembasmian hama penyakit, penyiangan gulma, dan lain-lain.

Baca juga :


5. Tahap Pemanenan

Buah melon bisa dipanen biasanya setelah berumur kurang lebih 3 bulan. Adapun cara mengetahui buah melon sudah bisa dipanen adalah mengenali ciri-cirinya. Ciri-ciri melon sudah siap untuk dipanen adalah sebagai berikut:
  • serat jala dipermukaan kulit terlihat jelas dan kasar jika diraba
  • permukaan kulit di sekitar tangkai buah akan terlihat retak-retak
  • warna buah sudah hijau kekuningan
  • buah sudah mengeluarkan aroma khas

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar"

Post a Comment