Inilah Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui

Dasar Pertanian - Hama Penyakit Tanaman (HPT) adalah sumber masalah bagi para petani. Kenapa dikatakan sumber masalah? Karana hama dan penyakit pada tanaman dapat menyebabkan kerusakan fatal bagi tanaman, sehingga jika tidak segera dilakukan penanganan akan membuat petani gagal panen. Sudah menjadi hal yang lumrah jika setiap tanaman budidaya ada hama dan penyakitnya, seperti halnya pada tanaman melon juga tak luput dari gangguan hama penyakit. Lalu apa saja jenis hama dan penyakit pada tanaman melon? Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membagikan informasi seputar Hama Panyakit Tanaman Melon.


Hama Penyakit Tanaman Melon


Hama


1. Ulat Grayak
Hama yang sering menyerang tanaman melon yang pertama adalah ulat grayak. Hama ini akan menyerang bagian daun tanaman melon secara kompak atau bersama dengan jumlah yang lumayan banyak. Hama ulat grayak ini biasanya akan mulai menyerang pada malam hari. Adapun cara mengendalikannya adalah dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan bisa juga dimehipo dengan aturan dosis sesuai petunjuk yang ada pada bungkus/kemasan.

2. Hama Ulat Tanah
Hama ulat tanah ini akan menyerang tanaman melon pada saat malam hari, setelah matahari muncul maka ia akan bersembunyi di dalam tanah, jika kita menggunakan plastik mulsa maka ulat ini akan sembunyi di balik plastik mulsa. Bagian tanaman yang sering diserang hama ulat tanah ini yaitu batang tanaman yang masih muda. Hama ini akan memotong bagian batang yang muda, makanya di namakan juga dengan ulat pemotong. Adapun cara pengendalian hama ulat tanah pada tanaman melon adalah dengan memberikan insektisida yang berbahan aktif karbofuran sebanyak 1 gram di setiap lubang tanam melon.

3. Hama Ulat Buah
Hama yang menyerang tanaman melon selanjutnya adalah ulat buah. Hama ini menyerang melon dengan cara memakannya dan melubangi. Cara mengendalikan hama ulat buah pada buah melon adalah dengan cara menyemprotkan cairan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, dan dimehipo. Untuk ukuran atau dosis adalah sesuai petunjuk yang ada pada kemasan.

Untuk mengenali jenis penyakit pada tanaman melon bisa anda baca pada artikel selanjutnya yang sudah admin tulis pada link berikut ini.

Silahkan baca : Inilah Penyakit Utama Pada Tanaman Melon

Itulah sedikit informasi tentang Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui, semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Hama Penyakit Tanaman Melon Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment