Inilah Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai

Dasar Pertanian - Halo sobat tani semuanya, sudah lama rasanya admin tidak posting artikel di blog ini. Ya itu semua dikarenakan kesibukan admin sehingga tidak ada waktu untuk ngeblog. Namun pada kesempatan kali ini admin luangkan waktu untuk menulis artikel terbaru tentang penyakit pada tanaman melon. Anda semua tentu sudah membaca pada artikel sebelumnya yakni hama yang sering menyerang tanaman melon, nah kemaren kan belum sempat admin bahas jenis penyakit pada tanaman melon, jadi kali ini akan admin bahas.

Kalau kita berbicara tentang buah melon, tentu ingin rasanya kita mencicipi kesegaran buah melon, apalagi jika dibuat minuman segar. Memang buah melon ini sangat banyak digunakan untuk aneka macam minuman segar. Terlebih pada saat bulan puasa, maka kebutuhan buah melon menjadi banyak. Ini kesempatan bagi anda yang ingin sukses budidaya melon dan menghasilkan keuntungan besar. Namun yang menjadi permaslahan adalah maraknya wabah penyakit yang sering menjangkit tanaman buah melon ini. Ya namanya juga tanaman buah sudah pasti ada hama dan penyakit yang selalu mengintai. Salah satunya adalah penyakit yang merupakan momok bagi petani melon. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang suka menyebabkan buah melon busuk dan gagal panen. Berikut penjelasan ringkasnya.


Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai


1. Penyakit Antraknosa

Penyakit yang sering menyerang tanaman melon adalah penyakit antraknosa, yang mana penyakit antraknosa adalah salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang tanaman melon. Tahukah andabahwa penyakit antrakanosa ini ternyata dibawa oleh virus yang bernama Collectorichum lagenarium. Adapun gejala yang akan terjadi akibat penyakit ini adalah munculnya bercak-bercak berwarna cokelat. Jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kita gagal panen.


2. Penyakit Busuk Buah

Jenis penyakit selanjutnya yang juga sering menyerang buah melon adalah penyakit busuk buah. Adapun penyebab dari penyakit busuk buah ini adalah virus Phytophtora nicotianae. Bagian tanaman melon yang menjadi sasaran adalah bagian batang, daun, dan buah. Sedangkan gejala yang akan muncul jika penyakit busuk buah ini menyerang pada bagian batang melon yakni akan terlihat bercak berwarna cokelat pada batang tanaman melon.

0 Response to "Inilah Jenis Penyakit Pada Tanaman Buah Melon Yang Harus Di Waspadai"

Post a Comment