Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses

Jahe adalah salah satu tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat.  Pada postingan kali ini dasar pertanian akan membagikan jenis-jenis jahe salah satunya adalah jahe gajah. Tahukah Anda apa itu jahe gajah?  jadi yang akan kita bahas kali ini adalah cara budidaya jahe gajah. Cara budidaya jahe gajah yang baik agar mampu menghasilkan panen yang melimpah itu sangatlah mudah.  Di dalam budidaya jahe kita tidak harus memiliki lahan yang luas bahkan dengan lahan yang sempit pun kita bisa menanam tanaman rempah ini.  Lalu Bagaimana cara kita untuk membudidayakan jahe jika kita tidak memiliki lahan yang luas? Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media tanam seperti polybag maupun karung bekas.
 
Dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti karung itu dapat menghemat biaya kita dalam proses pembudidayaan jahe. Oke langsung saja kita masuk kepada inti dari artikel ini yaitu Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses.

Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses


Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses


Melakukan pembibitan jahe gajah


  • Siapkan beberapa umbi ataupun rimpang bibit dari jahe gajah
  • Larutkan 1 tutup botol PHEFOC ke dalam 15 liter air dan tambahkan sedikit gula pasir kira-kira 2 sendok makan, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya larutan teremulsi dengan sempurna.Rendam rimpang ataupun bibit jahe gajah tersebut ke dalam larutan tadi selama kurang lebih 15 menit kemudian anda keringkan.
  • Bibit jahe gajah siap untuk disemai.

Tahap Penanaman Jahe Gajah


  • Siapkan media tanam lalu campur dengan pupuk kompos atau boleh juga dengan pupuk organik dan juga polybag yang cukup besar atau anda bisa gunakan karung bekas.Setelah semua media tanam dan pupuk dicampur menjadi satu, tahap selanjutnya adalah menanam bibit jahe yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Setelah bibit ditanam tahap selanjutnya silakan anda siram bibit yang sudah ditanam tadi dengan air secukupnya.  Di sini perlu diperhatikan jangan langsung kita letakkan ya tanaman tadi di tempat terbuka sebelum usia tanaman jahe mencapai 2 bulan.
  • Setelah tanaman jahe berumur 2 bulan baru silakan anda tempatkan tanaman tersebut di ruang terbuka supaya mendapat suplai sinar matahari secara cukup.

Baca juga : Ciri-Ciri Tanaman Jahe Unggul

Tahap Perawatan Tanaman Jahe Gajah


Untuk melakukan perawatan tanaman jahe gajah ini cukup mudah, anda bisa lakukan hal-hal berikut ini :
  • Lakukan penyiraman secara rutin minimal dua hari sekali.
  • Pemupukan juga harus di rutinkan setiap 2 bulan sekali. untuk jenis pupuknya anda bisa menggunakan pupuk organik dan pupuk jenis lainnya. 
  • Pengendalian hama dan penyakit juga harus diperhatikan.

Tahap Pemanenan Jahe Gajah


Jahe gajah sudah bisa dipanen setelah mencapai umur sekitar 8 sampai 12 bulan.  Cara memanen jahe ini cukup mudah jika anda menanamnya menggunakan polybag atau karung bekas itu jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan menanam di lahan terbuka.
 
Demikian sedikit Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Jahe Gajah Agar Cepat Sukses"

Post a Comment