Tips Sederhana Budidaya Kacang Panjang Didalam Polybag Yang Menguntungkan

Dasar Pertanian - Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang memiliki banyak manfaat terutama gizi. Banyak orang yang menanam kacang panjang ini karena memang proses penanamannya sangatlah mudah dan simpel. Selain itu umur panen kacang panjang yang relatif singkat membuat banyak orang menjadikan sebagai usaha dibidang pertanian. Kalau kita lihat dipasar-pasar tradisional, sudah pasti kita akan menjumpai banyak pedagang yang menjual sayur kacang panjang ini.

Meskipun cara menanam kacang panjang ini mudah, tidak boleh juga kita menganggap sepele. Karena dalam budidaya kacang panjang pasti ada masalah dan kendala yang nanti dihadapi, seperti serangan hama dan penyakit. Hama penyakit kacang panjang merupakan faktor utama yang menyebabkan gagal dalam budidaya kacang panjang. Maka dari itu sangat penting dilakukan pencegahan sebelum hama penyakit tersebut datang. Untuk mengenali apa saja jenis hama penyakit yang sering kali mengganggu tanaman kacang panjang bisa anda baca pada potingan sebelumnya yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca disini : Mengenal Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang

Untuk dapat menanam kacang panjang, biasanya dibutuhkan lahan yang cukup luas. Tapi itu hanya berlaku pada orang yang memiliki lahan luas. Lalu bagaimana cara menanam kacang panjang bagi orang yang tidak memiliki lahan luas? Caranya adalah dengan menanam kacang panjang menggunakan polybag atau pot. Berikut ini beberapa tips sederhana budidaya kacang panjang dalam polybag.

Tips Sederhana Budidaya Kacang Panjang Didalam Polybag Yang Menguntungkan
Gambar tanaman kacang panjang dalam polybag ( image by faunadanflora.com)


Tips Sederhana Budidaya Kacang Panjang Didalam Polybag Yang Menguntungkan


1. Persiapkan benih

Sama dengan tehnik budidaya kacang panjang pada umumnya, yaitu benih adalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesan dalam menanam kacang panjang. Syarat untuk sukses dalam budidaya kacang panjang salah satunya adalah pemilihan benih. Benih kacang panjang yang bagus bisa anda beli ditoko pertanian dengan melihat label dan sertifikat agar kualitas terjamin.

2. Persiapkan media tanam

Media tanam yang dibuthkan dalam hal ini adalah polybag, tanah dan pupuk yang nantinya akan dicampurkan menjadi satu dan dimasukkan dalam polybag yang sudah dipersiapkan. Jika lokasi anda sempit, anda bisa memanfaatkan polybag ini sebagai media tanam dalam budidaya kacang panjang.

3. Proses menanam kacang panjang

Setelah benih dan media tanam dipersiapkan, selanjutnya tinggal kita tanamkan. Proses penanamnya cukup mudah yaitu anda tinggal membenamkan benih kacang panjang pada polybag yang sudah berisi tanah bercampur pupuk. Pupuk disini maksudnya adalah pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. Untuk setiap satu polybag isi dengan dua biji benih kacang panjang.

4. Perawatan kacang panjang

Sama seperti budidaya tanaman pada umumnya, perawatan adalah penunjang keberhasilan kita dalam budidaya kacang panjang. Perawatan ini meliputi; penyiraman, pemupupan susulan, pembersihan gulma/rumput liar, pemberantasan hama penyakit.

5. Pemanenan

Kacang panjang sudah bisa dipanen jika semua polong terisi padat dan sempurna. Pemanenan kacang panjang ini sebaiknya dilakukan dipagi hari agar kacang panjang terlihat segar.

Itulah beberapa Tips Sederhana Budidaya Kacang Panjang Didalam Polybag Yang Menguntungkan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Tips Sederhana Budidaya Kacang Panjang Didalam Polybag Yang Menguntungkan"

Post a Comment