Tehnik Budidaya Kacang Panjang Di Musim Kemarau

Dasar Pertanian - Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Bahkan kebutuhan sayur ini terbilang lumayan banyak, buktinya kalau kita survei kepasar-pasar tradisional selalu ada saja penjual sayur yang menjual kacang panjang ini. Mungkin hal ini karena mudahnya dalam menanam kacang panjang, sehingga tidak menyulitkan para petani dalam menanam tanaman sayur lainnya. Apa ada kendala dalam budidaya kacang panjang ini? Kalau kita bicara masalah kendala tentu saja ada. Salah satu kendala yang sering dihadapi petani adalah tiba nya musim kemarau.

Untuk menanam kacang panjang di musim kemarau, harus ada tehnik khusus sehingga ketika kemarau datang tidak menyebabkan gagal panen. Bagi petani yang baru menanam kacang panjang, mungkin tidak menyadari dampak dari kemarau terhadap tanaman kacang panjang, sehingga mereka membiarkannya begitu saja tanpa ada penanganan khusus. Pada kesempatan kali admin akan bagikan sedikit informasi tentang tehnik budidaya kacang panjang di musim kemarau. Berikut penjelasannya.

Tehnik Budidaya Kacang Panjang Di Musim Kemarau

Tehnik Budidaya Kacang Panjang Di Musim Kemarau


1. Buat kolam khusus penampung air

Untuk menanam kacang panjang di musim kemarau, sebaiknya anda buat kolam khusus untuk menampung air. Sebaiknya anda lapisi kolah tersebut dengan karpet tebal khusus kolam, biasanya yang berwarna biru atau perak itu yang sering digunakan para petani. Gunanya adalah untuk memudahkan kita menyiram tanaman kacang panjang. Karena pada musim kemarau persediaan air tanah akan habis, jadi harus rajin menyiram tanaman.


2. Menanam kacang panjang dengan cara tumpang sari

Tehnik menanam kacang panjang pada musim kemarau selanjutnya adalah dengan tumpang sari, bisa dengan tanaman sawit yang masih berbuah pasir, karet, atau tanaman lainnya. Karena biasanya jika menanam diantara tanaman lain seperti sawit atau karet, akan teduh saat panas musim kemarau.


3. Pencegahan hama dan penyakit

Hama dan penyakit merupakan faktor pemicu gagalnya budidaya tanaman, jadi terutama pada musim kemaru juga tidak kalah pentingnya kita lakukan pencegahan terhadap serangan hama maupun penyakit.

Itulah beberapa Tehnik Budidaya Kacang Panjang Di Musim Kemarau yang dapat admin bagikan di postingan kali ini, lain kali akan admin update lagi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tehnik Budidaya Kacang Panjang Di Musim Kemarau"

Post a Comment