Cara Merawat Bawang Merah Yang Baik dan Benar Agar Hasil Maksimal

Dasar Pertanian - Bawang merah adalah salah satu komoditas dibidang pertanian yang memiliki peran cukup penting di masyarakat. Bahkan harga bawang merah di pasaran bisa di bilang lumayan mahal, terlebih lagi bila mendekati bulan Ramadhan dan Hari Raya. Hal inilah yang di manfaatkan oleh para petani untuk beralih menanam bawang merah. Namun perlu di ketahui bahwa menanam bawang merah tidaklah mudah, banyak tantangan dan rintangan yang kita hadapi, salah satunya adalah faktor kegagalan. Maka dari itu dalam budidaya bawang merah, kita harus tahu bagaimana tehnik perawatan bawang merah yang baik dan benar.

Tehnik perawatan bawang merah yang baik dan benar ini meliputi penyiraman, pemupukan, penyiangan, pengendalian hama penyakit dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini dasar pertaian akan membagikan sedikit informasi tentang cara merawat bawang merah yang baik dan benar. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Cara Merawat Bawang Merah Yang Baik dan Benar Agar Hasil Maksimal


1. Penyiraman

Cara merawat tanaman sudah pasti tidak akan lepas dari penyiraman. Penyiraman ini bertujuan untuk memberikan asupan air pada tanaman agar dapat memperlancar proses pertumbuhan tanaman. Cara merawat bawang merah ini juga mencakup penyiraman, nah cara menyiram bawang merah yang baik dan benar adalah menggunakan air yang bersih dan alat siramnya juga harus baik. Tehnik penyiraman bawah merah ini juga perlu diperhatikan, jangan asal siram begitu saja.

Jika tanaman tidak mendapatkan air, maka tanaman bisa mati. Teori ini pasti semua orang tahu bahwa semua mahluk hidup membutuhkan air. Jika anda tidak percaya bahwa tanaman memang membutuhkan air, silahkan anda coba jangan anda siram salah satu tanaman anda selama beberapa hari saja, sudah pasti tanaman layu. Jika dibiarkan terus tanpa disiram maka lama-lama akan mati.


2. Pemupukan

Cara merawat tanaman bawang merah selanjutnya adalah masalah pupuk. Pupuk adalah sumber nutrisi penting untuk menunjang perkembangan tanaman. Apalagi jika tanaman tersebut adalah tanaman buah, maka bisa saja tidak akan mau berbuah jika tidak dipupuk. Jadi pada tanaman bawang merah juga begitu, pemupukan harus digalakkan dengan cermat.


3. Penyiangan

Penyiangan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam bidang pertanian maupun perkebunan yakni mencabut gulma atau rumput liar yang berada di antara sela-sela tanaman. Selain itu tujuan dari penyiangan ini supaya tanah menjadi gembur. Gulma sendiri merupakan tumbuhan liar yang kehadirannya sagat merugikan sekali pada lahan pertanian karena dapat menurunkan hasil pada tanaman produksi.


4. Memberantas hama dan penyakit

Selain ketiga cara diatas, ada satu cara lagi yang harus kita lakukan dalam perawatan tanaman bawah merah, yakni membasmi hama dan penyakit.

Itulah beberapa Cara Merawat Bawang Merah Yang Baik dan Benar Agar Hasil Maksimal semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu bagi anda semua.

0 Response to "Cara Merawat Bawang Merah Yang Baik dan Benar Agar Hasil Maksimal"

Post a Comment