Tehnik Penyiraman Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Budidaya bawang merah memang sangat menguntungkan sekali, jika dilakukan dengan baik dan benar. Karena menanam bawang merah ini tidak boleh sembarang tanam, butuh perhatian khusus dan perawatan ekstra agar tanaman bawang merah dapat tumbuh baik hingga menghasilkan panen bawang merah berkualitas unggul. Tehnik perawatan tanaman bawang merah ini cukup banyak, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Tehnik penyiraman tanaman bawang merah ini tidak semua orang mengetahui, terkadang banyak petani khususnya pemula yang mengacuhkan penyiraman ini. Sehingga mereka mengalami gagal dalam budidaya bawang merah. Lantas seperti apa sih sebenarnya tehnik penyiraman tanaman bawang merah yang paling benar dan sesuai dengan anjuran? Yuk simak penjelasan ringkasnya dibawah ini.

Tehnik Penyiraman Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Tehnik Penyiraman Bawang Merah Yang Baik dan Benar


1. Menggunakan air yang bersih

Tehnik penyiraman tanaman bawang merah yang paling penting adalah harus menggunakan air yang bersih. Air yang bersih disini maksudnya adalah keadaan air tidak terkontaminasi dengan racun maupun zat kimia lainnya. Jadi gunakan air yang benar-benar bersih dan yang pasti tidak mengandung racun, bahan kimia lainnya.


2. Membuat parit diantara bedengan

Cara mudah melakukan penyiraman tanaman bawang merah selanjutnya adalah dengan membuat parit yang ada di kanan dan kiri bedengan. Makanya perlu diperhatikan bahwa sebelum menanam bibit bawang merah, sebaiknya buat bedengan yang tinggi dan paritnya agak dalam biar dapat menampung air hujan, jadi pas waktu penyiraman mudah tidak perlu repot membawa-bawa air.


3. Menggunakan sprayer

Tehnik penyiraman bawang merah yang praktis bisa dengan menggunakan sprayer atau alat penyiram sejenisnya. Dengan demikian akan membuat air memancar rata keseluruh permukaan tanaman bawang merah. Selain itu menyiram tanaman dengan menggunakan sprayer ini dapat meminimalisir bibit patah karena air. Karena jika kita menyiramnya terlalu kuat atau dengan ember dan langsung diguyur/disiramkan ke bibit, ada kemungkinan resiko patah dan rusaknya bibit.


4. Penyiraman dilakukan pada saat teduh

Saat anda menyiram tanaman bawang merah, perhatikan kondisi cuaca apakah panas atau teduh. Waktu penyiraman tanaman bawang merah yang tepat adalah waktu teduh, yaitu pada pagi hari jam 7-10 dan sore jam 4-5.

Itulah beberapa Tehnik Penyiraman Bawang Merah Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat dan menambwah wawasan anda semua.

0 Response to "Tehnik Penyiraman Bawang Merah Yang Baik dan Benar"

Post a Comment