Mengenal Jenis Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit pada tanaman adalah faktor utama dari penyebab kegagalan bisnis budidaya tanaman apapun. Pada postingan sebelumnya sudah admin bahas jenis hama yang sering menyerang bawang merah, dan kali ini akan admin bahas pula apa saja jenis penyakit yang sering menjangkit tanaman bawang merah sehingga membuat tanaman bawang merah mati dan gagal panen. Setelah kita mengetahui jenis penyakit bawang merah, diharapkan kita dapat mencari solusinya. Karena penyakit pada tanaman jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kerusakan besar pada tanaman hingga ujung-ujung tanaman akan mati.

Untuk mengingatkan anda kembali pada postingan sebelumnya yakni tentang jenis hama yang menyerang tanaman bawang merah, mungkin bisa anda kembali baca pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Hama Pada Tanaman Bawang Merah Yang Harus Diwaspadai

Baiklah berikut ini merupakan jenis-jenis penyakit yang biasanya sering menjangkit tanaman bawang merah. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat membantu anda menemukan solusi dan intinya memberikan ilmu wawasan dan pengetahuan.

Jenis Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah



Jenis-Jenis Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah


1. Penyakit Antraknosa

Jenis penyakit yang ada pada tanaman bawang merah pada umunya adalah antraknosa, ciri-ciri tanaman bawang merah yang terserang antranosa adalah munculmya bercak putih dan berlubang pada daun bawang. Biasanya di sertai juga dengan adanya lendir dan menyebabkan daun bawang menjadi basah dan berbau. Jika tidak segera diatasi maka dalam jangka waktu 1-2 hari tanaman akan mati.
Baca juga : Cara Mengatasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah


2. Penyakit Embun Bulu

Jenis penyakit ini menyerang daun bawang merah di situasi udara yang lembab, biasanya pada saat musim penghujan dan kabut asap dapat menyebabkan penyakit ini muncul. Ciri-ciri tanaman bawang merah terserang penyakit embun bulu adalah adanya seperti embun yang menempel pada daun hingga menutupi daun. Jika dibiarkan lama akan membuat daun bawang terinveksi dan masuk pada bawah umbi bawang.


3. Penyakit Bercak Ungu

Jenis penyakit pada bawang merah selanjutnya adalah bercak ungu, hampir sama dengan penyakit antraknosa namun ciri-ciri penyakit ini adalah terdaptnya noda putih atau kuning pada daun bawang. Yang mana noda tersebut semakin lama akan melebar higga membuat daun bawang menjadi kering.

Sebenarnya masih banyak jenis penyakit pada bawang merah ini, mungkin itu dulu untuk postingan kali ini mudah-mudah bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Jenis Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah"

Post a Comment