Tehnik Perawatan Tanaman Bawang Merah Pada Musim Penghujan Anti Gagal

Dasar Pertanian - Budidaya bawang merah pada memang menjanjikan kita keuntungan besar, namun jika dilakukan dengan baik dan benar. Kita harus tahu tehnik budidaya bawang merah, karena jika tidak tepat dalam melakukan perawatan, bisa jadi tanaman bawang merah yang kita tanam tidak menghasilkan. Masalah yang sering terjadi dalam usaha budidaya bawang merah adalah pas tiba musim penghujan. Ketika musim penghujan tiba, biasanya banyak petani bawang merah yang mengalami gagal panen, hal ini karena pada saat musim hujan intensitas serangan hama dan penyakit cendrung lebih tinggi.

Pada saat musim penghujan tiba dan kita sudah terlanjur menanam bawang merah, maka harus ada antisipasi dan penanganan yang kita lakukan. Jika perlu sebelum menanam bawang merah kita harus mengetahui apa saja dampak musim penhujan bagi tanaman bawang merah. Nah pada kesempatana kali ini admin dasar pertanian akan membagikan informasi tentang bagaimana cara merawat tanaman bawang merah di musim penghujan.

Artikel menarik lainnya :


Baiklah berikut ini beberapa tehnik dan cara melakukan perawatan tanaman bawang merah pada musim penghujan, mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan ilmu dan wawasan bagi pembaca semua.

Budidaya Bawang Merah Dimusim Hujan

Tehnik Perawatan Tanaman Bawang Merah Pada Musim Penghujan Anti Gagal


1. Bedengan

Jika ingin berhasil dalam budidaya bawang merah pada musim hujan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah masalah bedengan atau tanggul. Karena pada musim hujan intensitas air meingkat tajam, maka dalam pembuatan bedengan harus benar-benar jeli dan serius. Saran dari admin adalah buat bedengan yang tinggi, usahakan parit tempat mengalir air hujan tingginya setengah dari tinggi bedengan yang kita buat, jangan kurang dan berlebih.


2.  Pengaturan jarak tanam

Sebaiknya sebelum menanam bawang merah, atur jarak tanam yang ideal. Saran admin untuk jarak tanam bawang merah pada musim penghujan adalah sekitar 15 x 15 cm. Jadi jangan terlalu rapat dan terlalu jarang.


3. Pemupukan

Pemupukan ini bertujuan untuk memberikan nutrisi bagi tanama agar dapat tumbuh maksimal. Namun pada musim pemghujan sebaiknya diperhatikan lagi cara pemupukan dan dosis pemupukan bawang merah pada musim penghujan ini. 


4. Membersihkan lahan dari gulma

Gulma atau rumput liar akan cepat tumbuh pada cuaca dingin terutama dimusim penghujan ini. Jadi rajinlah mengecek dan segera bersihkan jika ada gulma yang mulai tumbuh.


5. Antisipasi hama penyakit

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, mungkin hal ini berlaku juga pada tanaman. Jika tidak ingin tanaman bawang merah terserang hama, maka lakukan pencegahan sedini mungkin. Karena pada musim penghujan jelas intensitas serangan hama dan juga penyakit akan meningkat tajam.

Jadi itulah beberapa Tehnik Perawatan Tanaman Bawang Merah Pada Musim Penghujan Anti Gagal yang bisa admin bagikan kepada anda semua, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tehnik Perawatan Tanaman Bawang Merah Pada Musim Penghujan Anti Gagal"

Post a Comment