Tips Merawat Tanaman Jeruk Nipis Agar Rajin Berbuah Lebat

Dasar Pertanian - Jeruk nipis adalah salah satu jenis tanaman buah yang banyak manfaatnya. Walaupun tergolong tanaman buah, tapi jeruk nipis ini bukan untuk di konsumsi layaknya jeruk manis ya. Jeruk nipis biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk obat, penghilang bau amis pada ikan, dan sering juga dibuat minuman segar. Jika anda langsung memakannya maka rasanya sangat masam sekali. Sangat banyak sekali manfaat jeruk nipis ini terutama untuk kesehatan. Nah bagi anda yang sudah menanam jeruk nipis, saatnya anda merawatnya agar jeruk nipis rajin berbuah.

Tehnik sederhana merawat jeruk nipis yang akan admin bagikan ini dapat anda coba sendiri dirumah. Mudah-mudahan dengan tips ini, tanaman jeruk nipis yang sudah anda budidayakan dapat menghasilkan panen melimpah. Sebenarnya melakukan budidaya jeruk nipis ini terbilang gampang, karena pada dasarnya tanaman jeruk nipis ini sangat kebal dan tahan dari segala kondisi, baik cuaca, hama, dan penyakit.

Baca juga : Panduan Budidaya Jeruk Nipis yang Baik dan Benar

Berikut ini beberapa tips merawat tanaman jeruk nipis agar rajin berbuah, karena banyak orang yang memiliki tanaman jeruk nipis namun buahnya jarang dan tidak menentu. Maka dari itu bagi anda yang mengalami hal itu silahkan anda perhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Merawat Tanaman Jeruk Nipis Agar Rajin Berbuah Lebat


Tips Merawat Tanaman Jeruk Nipis Agar Rajin Berbuah Lebat


1. Berikan Nutrisi ( Pupuk Berkualitas )

Pupuk adalah nutrisi penting bagi semua tanaman, begitu juga dengan tanaman jeruk nipis ini. Jika selama ini anda tidak pernah memupuk tanaman jeruk nipis, mungkin itulah penyebab jeruk nipis tidak mau berbuah dan jika berbuah pun hanya sedikit.

Silahkan baca : Pupuk Yang Bagus Untuk Tanaman Jeruk Nipis

2. Lakukan Pemangkasan Secara Rutin

Manfaat dari pemangkasan cabang dan ranting pada tanaman adalah supaya tanaman cepat berbuah dan lebat. Jika anda tidak percaya coba anda pangkas cabang dan ranting tanaman yang kiranya tidak produktif dan setelah pemangkasan selesai segera lakukan pemupukan rutin dan berkala.


3. Penyiraman

Tehnik penyiraman jeruk nipis yang baik adalah dengan melakukan penyiraman secara berkala. Lebih bagus lagi jika tanaman jeruk nipis kita coba adaptasikan dengan kondisi kemarau, yaitu dengan melatih tanaman untuk tanah terhadap musim kemarau. Caranya adalah dengan melakukan penyiraman minimal 1 minggu sekali, memang tanaman akan layu. Setelah itu baru anda siram kembali namun sedikit saja. Setelah tanaman terlihat segar kembali, lakukan hal serupa begitu seterusnya hingga 4-5 minggu. Cara ini bertujuan agar tanaman jeruk nipis lebih tahan bila kondisi tanah kering.

Mungkin itulah beberapa Tips Merawat Tanaman Jeruk Nipis Agar Rajin Berbuah Lebat, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua.

0 Response to "Tips Merawat Tanaman Jeruk Nipis Agar Rajin Berbuah Lebat"

Post a Comment