Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah Yang Harus Diwaspadai

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan gagal panen pada semua tanaman budidaya termasuk bawang merah. Jika anda menanam bawang merah, maka anda harus waspada terhadap serangan hama dan juga penyakit. Hama penyakit pada tanaman bawang merah ini sangat banyak jenisnya, dan pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan memberikan sedikit informasi tentang jenis hama dan penyakit pada tanaman bawang merah yang harus diwaspadai. Karena jika kita tidak tahu apa saja jenis hama dan penyakit yang sering menyerang bawang merah, lalu bagaimana cara membasmi hama dan penyakit pada tanaman bawang merah tersebut?

Sebagai seorang petani yang komitmen dalam melakukan budidaya bawang merah, tentu anda harus mengenali apa saja hama dan penyakit pada tanaman bawang merah dan bagaimana cara mengendalikannya. Jika selama ini anda belum tahu maka berikut ini bisa anda baca penjelasannya.


Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah Yang Harus Diwaspadai


Hama Tanaman Bawang Merah


1. Ulat Grayak ( Spodoptera Litura )


Hama Pada Tanaman Bawang Merah
Gambar Hama Ulat Grayak

Hama ulat grayak ini merupakan hama yang berasal dari telur serangga spodoptera litura yang berwarna putih keabu-abuan. Hama ini sangat berbahaya bagi tanaman bawang merah karena dapat menghabiskan daun bawang dan jika tidak segera dibasmi akan menyebabkan gagal panen.

2.  Ulat Tanah ( Agrotis Ipsilon )


Hama Pada Tanaman Bawang Merah
Gambar Hama Ulat Tanah


Hama yang juga sering menyerang tanaman bawang merah selanjutnya adalah ulat tanah. Hama ini menyerang tanaman bawang merah pada bagian bawah tanaman seperti akarnya maupun umbi. Akibat serangan ulat tanah ini dapat menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati.

3. Tungau


Hama Pada Tanaman Bawang Merah
Gambar Hama Tungau


Hama tanaman bawang merah selanjutnya adalah tungau, yang mana hama ini akan menyerang daun bawang dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun bawang. Akibatnya daun bawang menjadi kering dan bahkan jika dibiarkan tanpa ada penanganan akan mati.

Untuk mengetahui penyakit pada tanaman bawang merah bisa anda baca disini.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah Yang Harus Diwaspadai, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

0 Response to "Inilah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah Yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment