Inilah Pentingnya Pembersihan Lahan Sebelum Tanam


Dasar Pertanian - Halo sobat tani semua apa kabar? Kembali lagi admin disini akan berbagi sedikit informasi yang mungkin anda butuhkan dan juga mungkin informasi ini bisa menambah ilmu dan wawasan anda semua. Pada postingan kali ini kita akan membahas masalah gulma pada tanaman. Namun yang pokok penting disini akan kita ulas adalah pentingnya pembersihan lahan sebelum menanam tanaman. Karena biasanya sebelum kita memulai budidaya tanaman, ada hal yang harus kita lakukan diantaranya adalah membersihkan lahan tanam.

Terkait apa pentingnya perbersihan lahan ini sebelum kita memulai menanam tanaman, mungkin sebagian dari anda sudah tahu apa saja manfaat pembersihan lahan ini. Nah bagi anda yang kiranya belum tahu silahkan dilanjutnya saja membacanya, dan bagi anda yang sudah tahu silahkan cari judul yang lain di blog ini ya.

Pentingnya Pembersihan Lahan Sebelum Tanam



Pentingnya Pembersihan Lahan Sebelum Tanam


Tahukah anda apa dampak dari gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman budidaya? Jelas dampak nya akan membuat tanaman yang sudah kita budidayakan menjadi lambat dan terganggu perkembangannya. Sebagai contohnya adalah jika kita memupuk tanaman, sementara di sekeliling tanaman tumbuh gulma atau rumput liar, maka yang banyak mendapat nutrisi pupuk justru gulma tadi. Selain itu jika tanaman kita diselubungi dengan gulma, maka kita sendiri yang malas untuk merawatnya, ujung-ujungnya gagal panen.

Lalu apa hubungan pembersihan lahan sebelum tanam ini dengan gulma dan gagal panen? Kalau di cermati apa yang sudah admin sampaikan diatas sudah sangat jelas sekali bahwa sangat penting sekali kita membersihkan lahan sebelum memulai budidaya tanaman agar rumput-rumput liar atau gulma tidak tumbuh cepat pada lahan budidaya.

Baca juga : Pengertian Gulma, Contoh dan Cara Menanggulanginya

Misalnya anda akan menanam padi sawah, lantas tidak anda bersihkan dahulu lahannya dan langsung bibit padi anda sebarkan. Apakah hasilmya maksimal? Jelas tidak maksimal dan justru membuang-buang waktu saja karena hal itu akan sia-sia. Jika kita ingin sukses dalam budidaya tanaman, sangat penting sekali sebelum memulai menanam dan mengolah lahan yang akan ditanami, sebaiknya kita bersihkan dahulu lahan tersebut. Manfaat pembersihan lahan sebelum tanam ini selain akan memperkecil pertumbuhan gulma juga dapat memperkecil serangan hama penyakit.

0 Response to "Inilah Pentingnya Pembersihan Lahan Sebelum Tanam"

Post a Comment