Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh

Dasar Pertanian - Pada musim penghujan biasanya menjadi hal yang menakutkan bagi setiap petani, terutama petani bawang merah. Kenapa musim hujan kok ditakuti banyak petani bawang merah? Sebenarnya bukan hanya petani bawang merah saja, ada juga petani lain yang juga waspada terhadap musim penghujan. Pasalnya pada saat musim penghujan, banyak dampak yang terjadi pada tanaman, seperti wabah penyakit. Penyakit pada tanaman bawang merah di musim penhujan antara lain adalah antraknosa. Jadi hati-hati jika sudah tiba musim penghujan, harus ada pengendalian yang baik dan lebih baik melakukan pencegahan terhadap penyakit antraknosa ini.

Cara mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah ini bisa dibilang sulit bagi para petani, lebih lagi jika musim hujan telah tiba. Penyakit antraknosa ini disebabkan oleh cendawan yang bernama Coletotricum Gioesporiodes. Cendawan ini akan lebih berkembang lagi jika musim penghujan tiba. 

Adapun penyakit antranosa ini dapat ditandai dengan mulai munculnya bercak berwarna putih pada daun bawang, kemudian akan membentuk lekukan dan lama kelamaan akan menjadi patah daun tersebut. Jika penyakit antraknosa ini tidak segera dilakukan penanganan, maka akan menular pada tanaman lainnya. Kelembaban udara sangat mempengaruhi percepatan pembentukan spora, sehingga cepat menyebar ke permukaan tanah hingga dapat menular ke tanaman bawang yang lain.

Berikut ini bebera tips mengantisipasi penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah yang sudah terbukti ampuh dan banyak dilakukan petani bawang. Silahkan anda coba ikuti dan semoga bermanfaat.

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh
Daun bawang merah terkena penyakit antraknosa

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh


  1. Cara mengantisipasi dan mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah adalah dengan melakukan rotasi tanaman, maksudnya adalah kita di anjurkan untuk tidak menanam bawang merah secara terus menerus, harus ada tanaman lainnya seperti menanam kacang maupun tanaman sayur lainnya. Baru nanti kembali menanam bawang merah kembali. Intinya rotasi tanaman adalah menanam berbagai jenis tanaman secara bergilir pada satu lahan pertanian.
  2. Melakukan budidaya bawang merah pada musim kemarau, hal ini merupakan cara paling mudah dan efektif dilakukan. Pada tahap ini memang kita harus tahu dan jeli dalam memperkirakan cuaca dan musim. Karena pada musim kemarau jarang sekali terjadi kasus penyakit antraknosa ini.
  3. Menggunakan fungisida dengan baik dan benar sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada tanaman, karena jika tidak tepa dalam penggunaan fungisida, justru dapat merusak tanaman dan ekosistem didalamnya.
  4. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan lahan tempat kita menanam bawang merah. Dengan rajin membersihkan lahan, maka akan memperkecil penyebaran penyakit antraknosa.
  5. Cara mencegah penyakit antraknosa selanjutnya adalah dengan menanam bawang merah yang tahan terhadap penyakit. Ada beberapa varietas bawang merah yang sangat tahan terhadap penyakit, nah anda bisa menggunakannya.

Itulah beberapa Cara Mengantisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh"

Post a Comment