Cara Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag Untuk Hasil Maksimal

Dasar Pertanian - Budidaya bawang merah memang dapat dilakukan di mana saja, salah satunya adalah ditanam pada polybag. Pernahkan anda mendengar orang menanam bawang merah di polybag? Memang bagi orang yang awam pasti akan merasa tidak yakin jika menanam bawang merah didalam polybag dapat berhasil. Tapi setelah anda membaca postingan ini tentu anda akan lebih yakin bahwa budidaya bawang merah didalam pot juga bisa sukses asalkan tahu tehniknya.

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang pasti semua orang membutuhkannya. Kebutuhan bawang merah di Indonesia sendiri terbilang banyak, terbukti sampai hari ini kadang pasokan bawang merah sampai berkurang. Sebenarnya bisa jadi peluang usaha budidaya bawang merah ini jika anda mau melakukannya dengan benar. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas, anda masih bisa menanamnya yaitu di tanam pada polybag. Berikut ini beberapa tehnik budidaya bawang merah dalam polybag yang mungkin anda butuhkan.

Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag

Cara Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag Untuk Hasil Maksimal


1. Mempersiapkan media tanam

Sebelum anda memulai menanam bawang merah didalam polybag, terlebih dahulu harus dipersiapkan adalah media tanam. Media tanam ini meliputi tanah yang sudah bercampur pupuk kompos atau pupuk kandang dan juga arang atau sekam padi juga bisa. Untuk perbandingannya adalah 1:1:1. Setelah media tanam tercampur rata, anda juga bisa menambahkan pupuk SP-36 sebagai pupuk pembuka dengan dosis sekitar 2 kg untuk 1 polybag, atau menyesuaikan dengan besar kecilnya polybag.


2. Tahap pemilihan benih

Benih yang digunakan adalah umbi bawang yang sudah jadi bibit, dan sebaiknya benih bawang ini harus benar-benar bagus dan terhindar dari hama maupun penyakit. Benih yang bagus adalah umbi yang sudah tumbuh tunasnya.


3. Tahap menanam bawang merah

Setelah semua dipersiapkan, maka langkah selanjutnya dan paling utama dalam proses budidaya bawang merah dalam polybag adalah menanam benih bawang merah. Silahkan anda tanamkan benih bawang merah pada masing-masing polybag dengan 3 biji/umbi bawang dalam satu polybag.


4. Tehnik perawatan bawang merah dalam polybag

Setelah semua proses mulai dari nomor 1-3 selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan bawang merah yang sudah ditanam dalam polybag. Tehnik perawatannya merliputi penyiraman, pemupukan tahap kedua, pengendalian hama dan penyakit, dan pembersihan gulma.

itulah beberapa Cara Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag Untuk Hasil Maksimal yang bisa anda coba, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag Untuk Hasil Maksimal"

Post a Comment