Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses - Lengkuas adalah tanaman berbentuk umbi-umbian yang dapat tumbuh didataran tinggi maupun rendah. Lengkuas merupakan tumbuhan yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh kita. Lengkuas dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, karena didalam lengkuas terkandung senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk obat, lengkuas juga dapat dimanfaatkan untuk bahan tambahan pada bumbu masakan. Jika tidak ada lengkuas dalam bumbu masakan khususnya masakan berkuah atau gulai, maka rasanya ada yang kurang.

gambar lengkuas yang baik
lengkuas ( Alpinia galanga )

Lengkuas atau orang jawa menyebutnya laos, dan dalam bahasa latin disebut ( Alpinia galanga ) merupakan salah satu dari banyak tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat dan mudah kita dapatkan. Jika anda pergi kepasar-pasar sudah pasti akan menjumpai orang yang menjual lengkuas ini. Perlu anda tahu bahwa sebenarnya budidaya lengkuas ini bisa menghasilkan keuntungan lho. Cara menanamnya pun terbilang mudah, namun walaupun mudah jangan disepelekan lho. Ada tips dan Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses.
Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses
gambar lengkuas yang tumbuh subur ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses
gambar lengkuas yang tumbuh subur ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips dan Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses yang bisa anda coba sendiri. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses

1. Siapkan lahan
Sebelum memulai menanam lengkuas ini maka siapkan dulu lahan yang akan ditanami lengkuas. Lahan yang akan ditanami adalah lahan yang memiliki tingkat kesuburan baik, tidak masalah apakah didataran tinggi atau dataran rendah yang penting lahan tersebut memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik.

2. Pengolahan lahan
Setelah didapat lahan yang cocok, langkah selanjutnya adalah mengolah lahan yang akan ditanami lengkuas. Caranya dengan membajak atau membuat bedengan agar tanah menjadi gembur. Setelah tanah olah dan menjadi gembur, maka diamkan dulu selama kurang lebih satu atau dua minggu agar senyawa-senyawa racun dalam tanah hilang.

3. Memilih bibit lengkuas
Dalam memilih bibit lengkuas sebaiknya anda lakukan dengan mengambil langsung dari tanaman lengkuas yang berkualitas dan telah memiliki catatan panen terbaik. Jangan anda beli bibit dari pasar karena anda tidak tahu seluk beluknya. Bisa jadi bibit dari pasar itu tidak memiliki kualitas yang baik, jadi lebih baik anda pilih sendiri dari tanamannya langsung.

4. Penyemaian
Setelah mendapatkan bibitnya, langkah selanjutnya yaitu menyemaikan bibit lengkuas. Caranya dengan menyemaikan dengan tempat khusus yang diberi sekam padi. Hingga tumbuh tunas disetiap potongan lengkuas.

5. Proses penanaman
Setelah mendapatkan bibit terbaik, langkah selanjutnya adalah menanam pada lahan yang sudah dipersiapkan. Cara menanamnya cukup sederhana sekali, yaitu dengan membenamkan bibit lengkuas pada lubang yang telah dibuat pada lahan, lalu timbun kembali dengan tanah. Beri pagar agar tidak diganggu binatang dan hewan peliharaan. Selanjutnya tinggal dirawat dengan baik, jangan lupa beri pupuk dan siram secara rutin. 

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang bagaimana Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Cara Budidaya Lengkuas Cepat Sukses"

Post a Comment