Manfaat Budidaya Pohon Karet

Manfaat Budidaya Pohon Karet - Pohon karet merupakan salah satu jenis tanaman keras yang menghasilkan getah. Getah karet ini yang nantinya akan diproduksi menjadi bermacam-macam benda seperti ban, sepatu, dan sebagainya. Manfaat Budidaya Pohon Karet ini sangatlah penting sekali bagi kita. Coba anda bayangkan jika tidak ada petani karet, maka dari mana pabrik besar seperti pabrik pembuat ban akan mendapatkan bahan utama untuk memproduksi ban tersebut? Tidak mungkin ada jika tidak ada petani yang membudidayakan pohon karet ini.

Manfaat Budidaya Pohon Karet
ladang getah karet

Budidaya pohon karet merupakan kegiatan dimana para petani akan menanam pohon karet, merawatnya dan setelah besar lalu mereka akan meyadapnya untuk mendapatkan getahnya. Dari getah tersebut mereka akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Adapun Manfaat Budidaya Pohon Karet ini bisa anda baca dibawah ini :

Manfaat Budidaya Pohon Karet

1. Bagi petani

- Untuk mendapatkan penghasilan
Tujuan daripada budidaya karet bagi petani adalah untuk mendapatkan penghasilan. Dengan penghasilan tersebut mereka dapat melangsungkan kehidupan dengan baik. Mereka dapat memenuhi segala kebutuhan hidup mereka dengan hasil jerih payah membudidayakan pohon karet. Namun sayangnya sekarang ini perekonomian sedang bermasalah. Harga karet yang anjlok membuat para petani karet menderita. Banyak diantara mereka yang harus bersusah payah mencari sampingan lain selain dari hasil kebun karet yang mereka punyai untuk menambah penghasilan mereka. 

2. Bagi Perusahaan 

Manfaat Budidaya Pohon Karet selanjutnya yaitu bagi perusahaan. Perusahaan atau pabrik karet, selalu membutuhkan getah karet untuk bahan utama dalam pembuatan barang-barang dan alat-alat lain yang berbahan dasar karet, seperti ban, sepatu dan sebagainya. Jadi dengan adanya budidaya pohon karet ini, akan membuat perusahaan tersebut terus berjalan. Jika seluruh petani karet berhenti untuk membudidayakan dan berhenti menyadap karet, maka sudah jelas perusahaan dalam bidang tersebut akan bangkrut.

Jadi kedua aspek tersebut sangatlah berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, baik antara petani karet maupun perusahaan tersebut saling membutuhkan. Pemerintah juga sebaiknya berusaha untuk menyelesaikan masalah harga getah karet yang anjlok agar para petani karet kembali mendapatkan kehidupan yang makmur. 

Itulah sedikit penjelasan tentang Manfaat Budidaya Pohon Karet yang dapat saya tuliskan, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Manfaat Budidaya Pohon Karet"

Post a Comment