Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil



Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil - Pisang merupakan jenis tanaman buah yang kaya akan kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Budidaya pisang sangatlah mudah dan sederhana, namun walaupun mudah dan sederhana, cara menanamnya tidak boleh sembarangan dan asal tanam saja. Karena jika asal tanam maka hasilnya pun juga akan asal-asalan. Pisang memiliki banyak varietas dan jenisnya masing-masing. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil.

Jika kita bicara masalah pisang kepok ini, memang pisang kepok ini tergolong dalam pisang yang memiliki buah yang manis dan besar. Pohonnya saja juga memiliki ukuran yang besar dan kuat. Pisang kepok ini juga memiliki ciri khas tersendiri diatara pisang lainnya. Bentuk buahnya yang pendek dan besar dengan kulit tebalnya menjadikan pisang kepok ini mudah dikenali. Dibawah ini merupakan foto hasil panen buah pisang kepok yang saya tanam sendiri.

Gambar 1
Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil.
Foto pisang kepok hasil panen ( gambar oleh wahyu hendro wibowo )
Gambar 2
Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil.
Pokok pisang berbuah besar
Gambar 3
Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil.
Tehnik penanaman pisang kepok
Nah jika anda ingin membudidayakan pisang kepok ini bisa anda ikuti tips dari saya agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil bisa anda simak langkah-langkahnya dibawah ini :

Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil

1. Siapkan bibit pisang kepok yang bagus

Dalam menyiapkan bibit pisang kepok ini anda bisa memilihnya langsung dari pohonnya. Biasanya pokok pisang kepok ini memiliki anak yang bisa dijadikan bibit.

2. Siapkan lahan

Dalam menyiapkan lahan untuk budidaya pisang kepok ini harus benar-benar memilih lahan yang subur, karena jika tidak maka pertumbuhan pisang kepok tidak akan bagus dan hasilnya kurang maksimal.

3. Penanaman

Dalam proses penanaman pisang kepok ini sebaiknya anda lakukan pagi hari kalau tidak sore hari. Sebelum bibit ditanam, beri pupuk dasar pada lubang tempat menanam. Pupuk dasar ini bisa anda gunakan kotoran sapi atau kambing, yang penting jangan gunakan kotoran yang masih baru karena kotoran yang masih baru masih memiliki suhu yang panas yang tidak baik untuk tanaman. Setelah diberi pupuk dasar, lalu benamkan bibit pisang kepok sampai tertimbun akarnya, usahakan jangan terlalu dalam dan jangan pula terlalu dangkal.

4. Perawatan

Lakukan perawatan secara berkala agar tanaman pisang kepok yang baru anda tanam tumbuh secara baik. Beri pagar disekeliling tanaman agar tidak diganggu binatang. Sebenarnya tanaman pisang ini tidak terlalu sulit dalam perawatan, dan anda tidak perlu repot-repot merawatnya seperti menaman cabai. Cukup pagar dan siram jika kemarau, dan beri pupuk organik, atau pupuk kandang juga bagus, seperti yang saya lakukan. Maka dengan sendirinya pisang akan tumbuh subur dan berbuah.

Bagaimana.. cukup mudah bukan? Itulah beberapa tips dari saya tentang Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil. Jika tips ini anda terapkan dengan baik, maka anda akan mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Budidaya Pisang Kepok Agar Berhasil"

Post a Comment