Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal

Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal  - Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal. Budidaya cabai merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi saya pribadi, apalagi kalau sudah melihat hasilnya yang luar biasa mantap. Namun untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan unggul, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena membudidayakan cabai ini butuh ketelitian dan ketekunan, baik dari segi perawatannya, pemupukannya, dan proses penanaman juga harus benar.

Dibawah ini merupakan foto tanaman cabai keriting yang berhasil dibudidayakan dan memperoleh hasil maksimal.
Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
Tanaman cabai yang baik ( foto pribadi oleh wahyu hendro wibowo )


Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
cabai keriting yang tampak hijau dan subur ( foto oleh wahyu hendro wibowo )

Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal
Tanaman cabai sudah bisa dipanen ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )
Bagaimana setelah anda melihat foto dari tanaman cabai tersebut? Pasti anda juga ingin mempunyai tanaman cabai seperti itu. Jika anda menerapkan tips dari saya ini maka anda pun juga dapat memiliki tanaman cabai yang berkualitas seperti itu. Nah berikut ini merupakan tips yang bisa anda lakukan untuk budidaya cabai keriting agar mendapatkan hasil maksimal.


1. Memilih bibit
Dalam memilih bibit cabai, jika anda memiliki keuangan yang baik, maka belilah bibit yang unggul dan bersertifikat. Namun jika modal anda tidak mencukupi maka pilihlah bibit cabai langsung dari pokok tanaman cabai yang terbaik dan unggul. Adapun kriteria bibit cabai yang baik dari pokoknya langsung adalah:
  1. Pokok cabai memiliki batang yang besar kuat.
  2. Daunnya memiliki bentuk yang besar dan hijau.
  3. Buahnya atau cabainya besar-besar dan keras.
  4. Tidak memiliki cacat batang atau daun, dan terbebas dari penyakit.
2. Memilih lahan
Dalam memilih lahan untuk budidaya cabai keriting juga harus diperhatikan tingkat kesuburannya. Apabila tidak ada lahan yang subur, alternatifnya adalah dengan memberikan pupuk dasar pada tanah atau lahan tersebut. Dengan cara membajak dan menggemburkannya, ditambah pupuk yang bagus, maka juga akan menghasilkan cabai yang bagus.

- Pembibitan
Dalam pembibitan cabai, lakukan dengan cara menyemai biji cabai yang sudah anda persiapkan. Taburkan bibit kedalam lahan pembibitan dan tutup dengan alang-alang agar tidak dimakan binatang atau burung. Setelah kira-kira bibit tumbuh dan siap tanam, segera pindahkan kelahan yang sudah dibuat bedengan.
  • Penanaman cabai
Sebelum menanam bibit cabai sebaiknya beri pupuk dasar terlebih dahulu. Menanam cabai sebenarnya cukup mudah, tanam pada setiap lubang di bedengan yang anda buat. Usahakan jarak tanam antara 50 - 60 cm disetiap pokoknya dan jangan terlalu dekat. Satu lubang tanam satu atau dua bibit.
  • Perawatan
Lakukan perawatan intensif terhadap tanaman cabai tersebut, karena tanaman cabai rentan terhadap hama dan penyakit. Lakukan penyemprotan hama secara rutin, kalau saya biasa menggunakan Imidastar 200 SL untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman cabai yang saya tanam. Memang tak diragukan lagi bahwa Keunggulan Imidastar 200 SL ini sangat luar biasa. Selain melakukan penyemprotan hama dan penyakit, juga harus anda lakukan penyiraman rutin terutama pada musim kemarau. Bersihkan juga gulma yang tumbuh disekitar tanaman agar tidak menggangu pertumbuhan cabai.
  • Pemupukan
Untuk mendapatkan hasil maksimal tentu melakukan pemupukan adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Untuk jenis pupuknya sendiri saya biasa menggunakan pupuk NPK mutiara, ZA, KCL, TSP, dan PONSKA. 

Itulah beberapa  Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal  yang dapat saya bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

1 Response to "Tips Ampuh Budidaya Cabai Keriting Untuk Hasil Maksimal "

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete