Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar

Dasar Pertanian - Budidaya sayuran seperti bayam memang sangat mudah dan semua orang dapat melakukannya. Bayam adalah tanaman jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Disamping dapat diolah menjadi sayuran yang menyegarkan, bayam ini juga kaya akan kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya. Menanam bayam tidak terlalu sulit, bahkan jika kita memiliki benihnya, cukup kita sebarkan di pekarangan saja sudah tumbuh sendiri. Namun meskipun demikian, tetap saja kita harus melakukan perawatan agar tanaman bayam yang sudah kita budidayakan dapat tumbuh subur dan terhidar dari hama penyakit.

Bagaimana cara menanam bayam agar bisa menghasilkan bayam yang terbaik, memiliki daun lebar dan hijau subur? Sebenarnya tidak banyak trik supaya bayam dapat tumbuh subur dan daunnya bisa lebar-lebar. Kuncinya terletak pada area atau lahan dan juga pupuk. Pupuk untuk tanaman bayam sendiri tidaklah terlalu sulit. Bahkan saya hanya menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk pada tanaman bayam yang sudah saya budidayakan, amun hasilnya anda bisa lihat sendiri nanti pada gambar dibawah ini.

Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar
Tanaman bayam tampak subur dan berdaun lebar ( Foto by: Wahyu Hendro W - admin dasar-pertanian )


Apa sebenarnya rahasianya supaya daun bayam bisa lebar dan tentunya terhindar dari hama penyakit? Mari ikuti beberapa tips yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil memuaskan dalam budidaya bayam. Dengan sedikit trik dan tips sederhana berikut ini anda akan memiliki tanaman bayam yang subur, berdaun lebat dan lebar-lebar.

Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar


1. Pemupukan

Kenapa pemupukan disini menjadi faktor penting dan pertama untuk mendapatkan tanaman bayam yang subur dan berdaun lebar? Jawabannya sangat jelas bahwa pupuk adalah nutrisi bagi tanaman. Seperti halnya tanaman bayam ini, juga membutuhkan pupuk sebagai penunjang dan pertumbuhannya. Jenis pupuk yang baik untuk tanaman bayam ini bermacam-macam. Mulai dari pupuk organik sampai pupuk an-organik. Kalau saran saya sebaiknya anda menggunakan pupuk organik, dalam hal ini saya lebih suka menggunakan kotoran ternak sebagai pupuknya. Cara pemupukannya cukup mudah, silahkan ikuti instruksi berikut ini:
  • Pilih kotoran ternak yang sudah kering
  • Pemupkan fase pertama sebelum bayam ditanam bisa anda lakukan dengan menyebar lahan dengan pupuk kandang.
  • Pemupukan fase kedua bisa anda lakukan setelah tanaman bayam mulai tumbuh.

Jadi kunciya adalah pupuk sangat menentukan kesuburan tanah dan tanaman bayam yang anda budidayakan. Jika tanah kaya akan kandungan hara, otomatis tanaman akan subur.

2. Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada tanaman bayam, terlebih jika musim kemarau datang. Penyiraman dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Penyiraman ini bertujuan untuk memberikan pasokan air pada tanaman bayam sebagai nutrisi yang juga penting untuk menunjang pertumbuhan bayam.

3. Basmi hama dan penyakit

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam budidaya bayam, maka anda juga harus memantau terus tanaman bayam agar tidak sampai tersentuh oleh serangan hama penyakit. Karena biasanya tanaman bayam ini sangat rentan terhadap hama penyakit. Hama yang sering mengganggu tanaman bayam ini adalah ulat grayak yang selalu memakan daun bayam hingga habis. Cegah sebelum daun bayam anda dihabisi hama dan penyakit.

Itulah beberapa Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar. Memang sukup simpel dan mudah, dengan demikian anda tidak perlu lagi kuatir akan keberhasilan budldaya bayam yang anda lakukan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Supaya Tanaman Bayam Tumbuh Subur dan Berdaun Lebar"

Post a Comment