Tips Ampuh Mengatasi Kelapa Sawit Tidak Berbuah

Dasar Pertanian - Budidaya kelapa sawit akhir-akhir ini banyak dilakukan orang yang memiliki lahan perkebunan luas. Banyak hutan yang dibuka menjadi perkebunan kelapa sawit. Memang jika cara membuka lahan tersebut benar tidaklah menjadi masalah, yang salah adalah jika membuka lahan dengan asal buka tanpa ada memikirkan dampak buruk, seperti membakar hutan sembarangan, dan lain sebagainya. Menanam kelapa sawit ini bisa dilakukan oleh semua orang, tapi yang tidak bisa dilakukan banyak orang adalah bagaimana memaksimalkan hasil produksi buah sawit. Karena banyak orang yang menanam sawit namun tidak bisa memetik hasil panen karena sawit yang mereka tanam tidak produktif bahkan tidak berbuah sama sekali.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kelapa sawit tidak mau berbuah, dan pada postingan sebelumnya dasar-pertanian sudah membahasnya. Jika anda ingin tahu apa sebenarnya penyebab utama sawit tidak berbuah bisa anda baca di artikel yang terdapat pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Penyebab utama sawit tidak berbuah

Setelah anda tahu apa penyebab sawit tidak mau berbuah, lalu bagaimana cara mengatasi agar sawit yang tidak mau berbuah menjadi bisa berbuah lebat? Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi informasi tentang Tips Mengatasi Kelapa Sawit Tidak Berbuah. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Tips Ampuh Mengatasi Kelapa Sawit Tidak Berbuah

Tips Ampuh Mengatasi Kelapa Sawit Tidak Berbuah


1. Bersihkan lahan sawit dari gulma ( rumput liar )

Tahukah anda bahwa salah satu faktor penyebab tanaman sawit tidak produktif adalah karena adanya gulma atau rumput liar yang tumbuh subur mengganggu tanaman sawit. Jika anda selama ini tidak pernah memperhatikan adanya gulma atau rumput liar ini, maka mulai sekarang bersihkan lahan sawit anda dari gulma atau rumput liar. Tapi yang perlu di ingat adalah jangan anda bersihkan gulma dengan pestisida. Sebaiknya anda tebas saja dulu, karena jika anda menggunakan pestisida, unsur hara yang ada pada tanah akan hilang dan tanah lama-kelamaan menjadi tandus dan gersang.

2. Suplai sawit dengan nutrisi dan pupuk

Nutrisi dan pupuk adalah faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah. Selain itu, pupuk juga memiliki peran penting dalam memproduksi buah. Pupuklah sawit anda secara teratur, jika sebelumnya jarang anda pupuk, maka mulai sekarang tambahkan pupuk, jika perlu anda tambahkan dolomit. Untuk dosis pemupukan kelapa sawit yang baik dan benar bisa anda pelajari dari artikel saya sebelumnya yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Dosis pemupukan kelapa sawit yang baik dan benar

3. Lakukan pemangkasan secara rutin

Pemangkasan kelapa sawit sangat penting untuk dilakukan, karena jika dahan kelapa sawit sudah terlalu banyak dan tidak pernah dipangkas akan menyebabkan penyerapan nutrisi serta kebutuhan mineral menjadi lebih besar. Jadi solusinya adalah anda harus rutin memangkas atau menunas dahan kelapa sawit.

4. Bantu proses penyerbukan

Jika selama ini sawit anda tidak pernah berbuah, dalam arti kata ini bukan sawit jantan ya..bisa jadi tidak terjadi penyerbukan. Jadi selama ini penyerbukan hanya dilakukan oleh alam seperti angin, atau kumbang kurang maksimal, maka anda bisa bantu penyerbukan buatan.

Mungkin ke empat tips diatas bisa anda coba terapkan, tapi yang perlu di ingat adalah bahwa sawit yang anda tanam bukan sawit jantan semua. Karena jika sawit tersebut jantan semuanya, mau di upayakan sebaik mungkin juga tetap tidak akan berbuah. Makanya sebelum anda menanam kelapa sawit, terlebih dahulu pemilihan benih kelapa sawit haruslah tepat.
Menarik untuk anda baca : Tips memilih bibit kelapa sawit yang baik dan benar

Demikian sedikit informasi tengan bagaimana mengatasi kelapa sawit yang tidak mau berbuah, semoga dengan adanya arikel ini dapat membantu permasalahan anda selama ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Ampuh Mengatasi Kelapa Sawit Tidak Berbuah"

Post a Comment