Tips Melakukan Perawatan Bibit Durian Agar Cepat Besar

Dasar Pertanian - Melakukan perawatan terhadap bibit durian merupakan hal yang wajib kita lakukan jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan didalam budidaya durian. Karena bibit ini salah satu yang menentukan keberhasilan kita dalam menanam buah durian. Jika dalam merawat bibit saja kita sudah salah, maka otomatis hasil akhir budidaya durian juga akan sia-sia. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan hasil dari budidaya durian yang unggul dan berkualitas diperlukan kerja keras dan juga pemilihan bibit durian yang baik. Selain itu tehnik perawatan bibit durian harus benar-benar dilakukan dengan seksama. Pada kesempatan kali dasar-pertanian akan bagikan sedikit informasi tentang bagaimana cara sederhana Melakukan Perawatan Bibit Durian Agar Cepat Besar.
Silahkan baca juga : Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Bibit durian membutuhkan air yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Jika pasokan air kurang, maka bisa jadi bibit tidak akan berkembang dengan baik. Pasokan air bisa didapat dari air hujan, namun apabila musim kemarau, kita harus melakukan penyiraman secara rutin. Penyiraman bibit durian dapat kita lakukan dipagi dan sore hari. Masih banyak tips yang bisa kita lakukan untuk merawat bibit durian agar cepat tumbuh dan besar. Mari simak penjelasannya berikut ini.


Tips Merawat Bibit Durian Agar Cepat Besar

Tips Melakukan Perawatan Bibit Durian Agar Cepat Besar


1. Rajin melakukan pemangkasan

Tahukah anda bahwa bibit durian ini juga perlu dipangkas. Apa sebenarnya tujuan pemangkasan bibit durian ini? Adapun tujuan dari pemangkasan bibit durian adalah untuk membentuk bakal tajuk pada bibit durian. Selain itu tujuan pemangkasan bibit durian juga untuk membuang ranting dan cabang yang tidak berguna karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

2. Rajin memberi pupuk

Setiap tanaman pastinya membutuhkan nutrisi untuk berkembang, terutama pada bibit. Karena bibit inilah yang akan menentukan hasil baik dan buruknya tanaman tersebut. Makanya untuk mendapatkan bibit durian yang baik dan sehat, pupuklah bibit secara berkala. Untuk jenis pupuk yang bisa digunakan pada bibit durian bermacam-macam, bisa anda gunakan pupuk NPK atau jenis pupuk lainnya.

3. Mengontrol hama dan penyakit

Tips selanjutnya adalah anda harus giat mengontrol hama dan penyakit pada bibit durian. Jika sudah terlihat ada bibit yang terkena hama atau penyakit segera anda basmi agar tidak menular pada bibit yang lain.

Mungkin itulah beberapa Tips Melakukan Perawatan Bibit Durian Agar Cepat Besar, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Melakukan Perawatan Bibit Durian Agar Cepat Besar"

Post a Comment