Dampak Buruk Daun Sawit Yang Tiba-Tiba Menguning

Dasar Pertanian - Daun sawit yang berubah menguning sering kali kita jumpai pada perkebunan kelapa sawit. Tak jarang para petani membiarkan daun sawit mereka menguning tanpa ada penanganan khusus. Hal ini mungkin dikarenakan kurangnya pemahaman mereka akan dampak buruk daun sawit yang berubah kuning terhadap produktivita sawit. Meskipun tidak seluruh pokok sawit mengalami penguningan daun, namun ada pastinya satu atau dua pokok sawit yang mengalami kuning daun. Jika itu dibiarkan bisa jadi akan berdampak buruk terhadap produktivitas buah sawit.

Perubahan kuning pada daun sawit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, ada faktor internal dan ada juga faktor eksternal. Apapun faktor penyebab daun sawit menguning, tetap harus diatasi segera. Mungkin masih ada diantara kita yang tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab daun kelapa sawit berubah menguning dan menyebabkan turunnya hasil panen sawit. Pada postinga sebelumnya admin sudah bahas hal itu dan bisa anda baca pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Faktor Penyebab Daun Sawit Menguning dan Cara Mengatasinya

Jika anda telah menjumpai bahwa ada tanaman sawit anda yang mengalami penguningan daun, maka segeralah untuk mengatasinya, jika tidak akan berdampak buruk pada produktivitas sawit anda. Lantas apa saja dampak buruk daun sawit yang tiba-tiba menguning? Berikut penjelasan singkatnya.

Dampak Buruk Daun Sawit Yang Tiba-Tiba Menguning


Dampak Buruk Daun Sawit Yang Tiba-Tiba Menguning


1. Menurunkan produktivitas sawit

Daun sawit yang berubah menguning secara tiba-tiba atau perlahan-lahan, dapat menjadi pertanda bahwa sawit tersebut sedang terkena serangan penyakit. Bisa jadi penyakit tersebut menjadi faktor kenapa buah sawit anda akhir-akhir ini tidak produktif. Maka dari itu sebaiknya segera anda atasi dan tanggulangi jika ada pokok sawit anda yang mengaami kuning daun.

2. Dapat menularkan penyakit ke pohon sawit lainnya

Kita tidak tahu kalau daun sawit yang kuning tersebut terserang penyakit berbahaya bagi tanaman sawit. Bisa saja satu pokok sawit yang mengalami kuning daun akan menularkan penyakitnya pada sawit yang lain. Inilah yang membuat tanaman sawit akan mengalami penurunan kualitas, produktivitas, dan bahkan pada kasus yang terparah dapat membuat sawit mati.

3. Membuat tanaman sawit mati

Dampak buruk daun sawit yang tiba-tiba menguning yang selanjutnya adalah sangat merugikan sekali, yaitu pohon sawit bisa menjadi kering dan mati. Jika demikian tentu saja anda sebagai pemilik kebun sawit yang rugi.

Itulah beberapa Dampak Buruk Daun Sawit Yang Tiba-Tiba Menguning, mudah-mudahan dengan adanya informasi ini dapat menginspirasi anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Buruk Daun Sawit Yang Tiba-Tiba Menguning"

Post a Comment