Inilah Dampak Buruk Penggunaan Lahan Gambut Untuk Budidaya Kelapa Sawit

Dasar Pertanian - Lahan gambut adalah lahan yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa bahan organik seperti tumbuhan yang telah membusuk dalam waktu yang cukup lama. Lahan gambut banyak dialih fungiskan menjadi lahan pertanian dan perkebuan, bahkan ada juga yang dijadikan tempat pemukiman. Lalu apakah mengalihan fungsi lahan gambut menjadi lahan pertanian akan berdampak buruk terhadap kelestarian lingkungan? Mungkin inilah pertanyaan yang selama ini banyak diperbincangkan dikalangan masyarakat. Bagi orang yang awam dan tidak mengerti dengan apa manfaat lahan gambut ini dan apa pengaruhnya terhadap kelestarian alam, maka tidak heran jika kita banyak menjumpai lahan gambut dijadikan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit.

Apa dampak buruk dari penggunaan lahan gambut sebagai lahan untuk budidaya kelapa sawit? Sebenarnya lahan gambut ini berfungsi sebagai suatu ekosistem yang cukup kompleks dan bermanfaat untuk menjaga kelestarian alam. Tapi dikarenakan kurangnya wawasan dan pemahaman akan hal itu, membuat banyak orang yang menggunakan lahan gambut sebagai perkebunan kelapa sawit. Hal ini mungkin dikarenakan tingkat kesuburan lahan gambut yang cukup tinggi jika digunakan sebagai lahan pertanian. Tapi akibat dari penglihan atau penggunaan lahan gambut sebagai lahan perkebunan kelapa sawit akan menimbulkan kerusakan ekosistem lahan gambut tersebut.

Baca juga : Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Yang Baik dan Benar

Sering kita lihat banyaknya lahan gambut, bahkan ratusan ribu hektar lahan gambut dijadikan lahan perkebunan sawit. Namun akhir-akhir ini banyak menuai protes dari para pecinta lingkungan dan kelestarian alam yang mengecam pengalihan fungsi lahan gambut menjadi perkebunan sawit. Lantas apa saja dampak buruk dari penggunaan lahan gambut untuk budidaya kelapa sawit? Berikut blog dasar-pertanian akan membagikan informasinya kepada anda.
 Dampak Buruk Penggunaan Lahan Gambut Untuk Budidaya Kelapa Sawit
Gambar lahan gambut yang ditanami kelapa sawit


Dampak Buruk Penggunaan Lahan Gambut Untuk Budidaya Kelapa Sawit


1. Terjadi penurunan fungsi lahan gambut ( degradasi )

Lahan gambut berfungsi sebagai ekosistem yang kompleks, jika digunakan sebagai lahan perkebunan sawit akan mengakibatkan penurunan fungsi dari lahan gambut tersebut.  Lahan gambut juga berfungsi untuk mengendalikan sirkulasi CO2, sebagai sumber karbon, jika tetap dialih fungsikan menjadi perkebun kelapa sawit maka dapat menurunkan fungsi dari lahan gambut tersebut, apalagi jika cara pembukaan lahan gambut dengan cara yang salah, bisa jadi akan mengkibatkan pencemaran lingkungan.


2. Merusak kelestarian lingkungan

Penggunaan lahan gambut untuk lahan perkebunan kelapa sawit juga dapat mengakibatkan rusaknya kelestarian alam. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Pembukaan lahan gambut yang salah akan merusak lingkungan, bahkan tidak hanya itu saja kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan lahan gambut sebagai lahan perkebunan kelapa sawit ini. Apa saja dampak buruk penggunaan lahan gambut bagi kelstarian lingkungan? Berikut ini merupakan beberapa dampak buruk penggunaan lahan gambut sebagai lahan perkebunan.
  • Pembukaan lahan
Pembukaan lahan gambut yang salah dapat merusak kelestarian alam, seperti flora dan fauna, merusak hutan gambut yang selama ini menjadi tempat tinggal bagi hewan yang dilindungi dan lain sebaginya.
  • Dibuatnya Kanal Drainase
Pembuatan kanal drainase pada lahan gambut juga akan mengakibatkan turunnya fungsi lahan gambut sebagai pengendali hidrologi wilayah, pencegah banjir, kebakaran, dan lain sebagainya.
  • Pembakaran lahan
Rata-rata pembukaan lahan gambut selalu dilakukan dengan membakar lahan. Jika lahan gambut dibakar, akibatnya akan berdampak buruk terhadap kelestarian alam dan kesehatan makhluk hidup. Terjadinya kabut asap yang tentu sangat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan.

Masih banyak lagi sebenarnya Dampak Buruk Penggunaan Lahan Gambut Untuk Budidaya Kelapa Sawit, yang jelas jika anda memang terpaksa harus membuka dan menggunakan lahan gambut untuk pertanian, sebaiknya gunakan cara yang benar, konsultasi dulu pada pemerintah setempat agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Semoga informasi yang disajikan oleh dasar-pertanian.blogspot.com ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman anda semua tentang pentingnya menjaga kelestarian lahan gambut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Dampak Buruk Penggunaan Lahan Gambut Untuk Budidaya Kelapa Sawit"

Post a Comment