Pengertian Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman

Dasar Pertanian - Didalam budidaya tanaman hortikultura, sering kita mendengar istilah penyiangan dan pendangiran. Mungkin bagi orang yang awam akan terdengar aneh dengan istilah penyiangan dan pendangiran tersebut, namun tidak bagi orang yang sudah sering melakukannya. Penyiangan adalah kegiatan membersihkan gulma atau rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Tujuan dari penyiangan ini adalah sangat jelas untuk membersihkan rumput pengganggu tanaman, dengan menggunakan alat seperti sabit, tajak, atau mencabut menggunakan tangan juga bisa. Tanaman seperti cabai, dan jenis sayuran lainnya yang umumnya ditanam musiman adalah tanaman yang mudah sekali diganggu oleh gulma atau rumput liar. Maka dari sistem penyiangan ini adalah solusi untuk membersihkannya.

Pengertian Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman
Contoh kegiatan penyiangan gulma padi sawah dengan alat tradisional



Sedangkan pengertian pendangiran adalah kegiatan untuk menggemburkan tanah atau lahan pertanian untuk tujuan supaya tanah menjadi gembur dan semakin subur, sehingga tanaman budidaya akan tumbuh dengan baik, nutrisi dan hara pada tanah bisa berfungsi dengan baik. Dengan melakukan pendangiran atau penggemburan tanah disekitar tanaman secara rutin akan membuat tanaman yang sudah anda budidayakan menjadi lebih segar, cepat besar, dan berproduksi dengan sempurna.

Pengertian Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman
Contoh kegiatan pendangiran tanah pada tanaman


Jadi kedua kegiatan diatas, yakni baik penyiangan maupun pendangiran sangat penting dan tidak dapat dipisahkan serta harus kita lakukan secara rutin agar tanaman budidaya menjadi subur dan dapat tumbuh dengan optimal. Mudah-mudahan sedikit penjelasan tentang Pengertian Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman"

Post a Comment