Cara Mengatasi Daun Jambu Air Yang Bolong dan Berlubang

Dasar Pertanian - Budidaya tanaman seperti jambu air sering kali mengalami kendala atau masalah. Biasanya masalah yang terjadi pada tanaman jambu air disebabkan oleh hama dan juga penyakit. Hama dan penyakit adalah penyebab gagalnya budidaya pertanian yang selama ini dihadapi para petani. Pada tanaman jambu air, masalah yang sering terjadi adalah pada daun jambu yang mengalami bolong-bolong. Dan hjambu air yang berubang tersebut biasanya disebabkan oleh hama ulat daun. Namun ada faktor lain juga yang membuat daun jambu bisa berlubang.
Baca juga : Penyebab Daun Jambu Air Bolong dan Berlubang

Untuk mengatasi daun jambu air yang mengalami bolong atau berlubang, kita harus melakukan beberapa hal berikut ini. Jika anda selama ini mengalamai hal seperti yang saya alami yaitu tanaman jambu air tidak produktif dan daunnya berlubang sehingga lama-kelamaan daun jambu bisa habis, maka silahkan anda coba cara berikut ini. Berikut ini dasar-pertanian akan membagikan sedikit informasi terkait bagaimana cara mengatasi daun jambu air yang berlubang atau bolong-bolong.

Cara Mengatasi Daun Jambu Air Yang Bolong dan Berlubang


Cara Mengatasi Daun Jambu Air Yang Bolong dan Berlubang


1. Lakukan penyemprotan hama secara rutin

Cara mengatasi dan mencegah agar daun jambu air tidak berlubang adalah dengan melakukan penyempotan hama secara rutin dan teratur. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memberantas hama seperti ulat daun maupun hama lainnya. Perlu anda ketahui bahwa hama seperti ulat daun, ia akan memakan daun secara pelan-pelan dan jika dibiarkan terus lama-kelamaan daun jambu air akan habis dan gundul. JIka hal ini tidak segera diatasi maka produktivitas tanaman jambu air menjadi menurun, bahkan bisa jadi jambu air tidak mau berbuah.Untuk obat atau pestisida yang bagus untuk menyemprot hama penyakit pada daun jambu, anda bisa beli di toko pertanian terdekat.

2. Bersihkan gulma pada area tanaman

Gulma atau rumput liar adalah salah satu faktor penyebab munculnya hama dan penyakit pada tanaman. Untuk mengatasi dan mencegah agar daun jambu air tidak berlubang anda harus rajin membersihkan lokasi disekeliling tanaman jambu dari gulma ini.

Itulah dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah agar caun jambu air tidak bolong dan berlubang. Sebenarnya kunci dari penanganan tanaman ini terletak pada penyemprotan, jik anda teratur dan rutin menyemprot tanaman maka dapat saya pastikan daun jambu air anda akan aman dari serangan hama dan penyakit sehingga tidak bolong dan berlubang. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Mengatasi Daun Jambu Air Yang Bolong dan Berlubang"

Post a Comment