Inilah Penyebab Kenapa Pohon Durian Tidak Mau Berbuah

Dasar Pertanian - Budidaya durian bisa membuat kita mendapatkan keuntungan yang besar. Kenapa bisa demikian? Ya..lihat saja akhir-akhir ini banyak masyarakat yang semakin menyukai buah yang memiliki ciri khas kulit berduri tajam ini. Disampaing itu buah durian ini juga tidak sembarang orang memiliki pohonnya lho, hanya orang tertentu saja yang dapat membudidayakannya. Kenapa hanya orang tertentu saja yang bisa menanamnya? Karena sudah banyak orang yang menanam durian tapi sudah lama pohon durian tak kunjung berbuah juga. Kalau hanya sekedar menanam sih semua orang dapat melakukannya, tapi yang tidak semua orang tahu adalah bagaimana cara agar pohon durian dapat berbuah lebat. Lantas apa sebenarnya penyebab durian tidak mau berbuah? Maka dari itu dasar-pertanian akan mengulasnya pada kesempatan kali ini.

Penyebab durian tidak kunjung berbuah memang sangat banyak dan berbeda-beda pada setiap pohonya. Namun secara umum dapat dijelaskan apa saja faktor utama kenapa pohon durian tak juga mau berbuah meskipun sudah seharusnya berbuah. Ada juga orang yang sudah menanam pohon durian sudah berpuluh-puluh tahun tapi belum juga berbuah. Hal inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang kenapa durian tidak mau berbuah? Apa penyebab pohon durian tidak mau berbuah dan bagaimana solusi mengatasi pohon durian yang tidak mau berbuah. Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab pohon durian tak kunjung berbuah, silahkan anda baca penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kenapa Pohon Durian Tidak Mau Berbuah

Beberapa Penyebab Kenapa Durian Tidak Mau Berbuah


1. Durian jantan

Adapun penyebab kenapa durian tidak juga berbuah meskipun sudah lama ditanam adalah mungkin karena bibit durian yang ditanam adalah bibit durian jantan. Jika iya maka jelas sekali kalau pohon durian tersebut tidak mau berbuah. Maka dari itu sebelum anda menanam bibit durian, pilih dan seleksi terlebih dahulu bibit durian yang hendak ditanam. Tujuannya adaah supaya kita tidak mendapatkan bibit durian yang jantan, atau bibit durian yang tidak berkualitas. Lalu bagaimana cara memilih dan menentukan bibit durian yang baik dan benar?
Silahkan baca juga : Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

2. Kurang mendapat sinar matahari

Penyebab pohon durian tidak mau berbuah juga bisa dikarenakan kurangnya sinar matahari yang kearah pohon durian. Sinar matahari sangat penting sekali untuk perkembangan pohon durian, idealnya pohon durian harus mendapat penyinaran matahari sekurang-kurangnya 8-12 jam perhari.

3. Kurang pasokan air

Selain kurang sinar matahari, penyebab pohon durian tidak mau berbuah juga bisa karena kurang air. Air adalah sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup termasuk tanaman. Maka dari itu jika ingin pohon durian dapat berbuah sebaiknya penuhi kebutuhan air terutama pada musim kemarau.

4. Kesuburan tanah

Penyebab lain kenapa pohon durian tidak dapat berbuah adalah karena kondisi tanah yang tidak subur. Sebaiknya anda perhatikan juga kondisi tanah yang anda gunakan untuk menanam pohon durian, subur atau tidak. Pohon durian dapat tumbuh subur pada tanah lempung berpasir.

5. Gagal penyerbukan

Penyebab durian tidak dapat berbuah juga dikarenakan gagalnya penyerbukan pada putik sari. Seringkali saya melihat pohon durian yang berbunga cukup banyak, tapi tidak satupun yang menjadi buah, mugnkin saja hal ini karena gagal penyerbukan.

Itulah beberapa Penyebab Kenapa Durian Tidak Mau Berbuah, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat memberikan jawaban atas pertanyaan anda selama ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Penyebab Kenapa Pohon Durian Tidak Mau Berbuah"

Post a Comment