Cara Ampuh Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jambu Kristal

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit merupakan salah satu penyebab gagalnya sebuah budidaya tanaman. Bagaimana tidak? Hama dan penyakit selalu menjadi masalah setiap budidaya tanaman apapun, sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen akibat serangan hama penyakit. Hama penyakit pada tanaman atau biasa di singkat HPT ini harus segera dibasmi dan juga dicegah agar tidak merugikan. Sama hal nya dengan tanaman jambu kristal yang juga memiliki resiko terserang hama dan penyakit. Salah satu hama yang sering menyerang jambu kristal adalah hama kutu daun.

Hama kutu daun merupakan hama yang tergolong dalam kategori kutu yang penyebarannya sangat cepat sekali. Hama ini akan menyerang pada area daun, batang dan juga pucuk tanaman. Jika tidak segera dibasmi, hama kutu daun akan mengakibatkan produktivitas tanaman menurun. Bahkan bisa jadi tanaman jambu kristal tidak mau berbuah. Untuk mengatasi hama kutu daun anda bisa baca penjelasnnya berikut ini.

Cara Ampuh Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jambu Kristal
Daun jambu kristal terserang kutu daun ( Foto by : admin dasar-pertanain / wahyu hendor w )

Cara  Membasmi Hama Kutu Daun Pada Tanaman Jambu Kristal


1. Dengan menggunakan insektisida khusus

Cara membasmi hama kutu daun yang pertama adalah dengan menggunakan insektisida khusus hama kutu daun. Anda bisa membeli di toko pertanian terdekat biasanya banyak dijual insektisida khusus hama kutu. Jika sudah ada insektisida nya maka segera anda semprot dengan dosis yang telah ditentukan pada kemasan.

Baca juga : Basmi Hama Kutu Kebul Dengan Insektisida Ini


2. Membersihkan lokasi tanaman

Cara mengatasi hama kutu daun selanjutnya adalah dengan mencegahnya terlebih dahulu, dengan membersihkan lokasi tanaman akan mencegah hama ini tidak datang menyerang tanaman jambu kristal. Selain itu hama dan penyakit tidak akan menyerang jika kondisi tanaman bersih.


3. Memasang kelambu khusus tanaman

Cara mengatasi hama kutu daun yang ketiga adalah dengan memasang kelambu khusus tanaman. Kelambu ini bertujuan untuk melindungi tanaman dari gangguan hama maupun penyakit. Karena biasanya hama dan penyakit ini akan menyerang dengan kontak langsung pada tanaman, dengan adanya kelambu maka tidak akan bisa hama seperti kutu daun ini masuk dan membuat sarang pada tanaman yang sudah kita budidayakan.

Itulah beberapa Cara Ampuh Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jambu Kristal yang dapat admin bagikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Jambu Kristal"

Post a Comment