Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya

Dasar Pertanian - Budidaya tanaman bayam memang merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Namun yang sulit adalah bagaimana cara mencegah agar tanaman bayam dapat tumbuh subur dan terhindar dari hama penyakit. Bayam ini sendiri adalah salah satu jenis sayuran yang banyak di konsumsi oleh masyarakat, hal ini karena bayam banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan sayuran ini kita bisa membelinya dipasar atau jika ingin murah kita bisa menanamnya sendiri.

Menanam bayam memang mudah dan semua orang dapat melakukannya, yang sulit adalah menghasilkan bayam yang yang berkualotas tanpa diserang hama penyakit. Hama dan penyakit merupakan faktor pemicu gagalnya budidaya tanaman termasuk bayam. Ada banyak jenis hama dan penyakit tanaman bayam yang perlu kita kenali, dan pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membahas tentang hama dan penyakit pada tanaman bayam, serta bagaimana cara pengendaliannya.

Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya

Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya


Jenis Hama Pada Tanaman Bayam

1. Ulat daun (Spodoptera Plusia Hymenia)
Gejalanya: Biasanya daun bayam akan terlihat berlubang dan lama kelamaan daun bayam akan habis. Penanggulangannya: Cara mengendalikannya adalah dengan menyemprotkan pestisida secara langsung pada daun bayam atau dengan membuang ulat daun hingga bersih.

2. Kutu daun (Myzus persicae Thrips sp.)
Gejala: Daun bayam terdapat kutu yang mengakibatkan daun bayam menjadi berlubang dan bisa mati jika dibiarkan terlalu lama.
Pengendaliannya: Cara mengendalikan kutu daun pada tanaman bayam adalah dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman bayam, serta selalu menjaga kebersihan lahan.

3. Hama Tungau (Polyphagotarsonemus latus)
Gejala: Batang dan daun bayam menjadi layu dan rusak yang disebabkan oleh tungau ini. Jika dibiarkan lama juga akan berdampak buruk pada tanaman bayam.
Pengendaliannya: Cara mengendalikan tungau pada tanaman bayam masih sama yaitu dengan menyemprotkan pestisida pada tanaman bayam yang terserang hama.

Penyakit pada tanaman bayam


1. Rebah kecambah.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Phytium sp.
Gejalanya: menginfeksi pada seluruh tanaman bayam mulai dari akar, batang hingga daun.
Pengendaliannya: yaitu dengan penyemprotan Fungisida

2. Busuk basah.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Rhizoctonia sp.
Gejalanya: akan terlihat bercak-bercak putih pada tangkai dan daun bayam.
Pengendaliannya: masih sama yaitu dengann melakukan penyemprotan Fungisida

3. Karat putih.

Penyebabnya: Bakteri cendawan Choanephora sp.
Gejalanya: Akan menginfeksi batang dan daun.
Pengendaliannya: Juga dengan menyemprotkaan Fungisida pada tanaman bayam.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya, mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi anda semua.

0 Response to "Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Beserta Pengendaliannya"

Post a Comment