Penyebab Daun Jambu Air Bolong-Bolong dan Cara Mengatasinya

Dasar Pertanian - Budidaya jambu air memang mudah dan semua orang dapat melakukannya. Menanam jambu air sama seperti menanam tanaman lainnya, caranya pun juga sama. Tapi pada saat kita sudah memutuskan untuk menanam jambu air, kita harus siap dengan segala resiko. Kenapa ada resikonya? Setiap melakukan budidaya tanaman jenis apapun, resiko yang dihadapi pasti ada dan salah satunya adalah hama dan penyakit. Begitu juga dengan tanaman jambu air. Namun sering kali saya menjumpai tanaman jambu air mengalami masalah yang cukup serius, dimana daun jambu air terlihat bolong atau berlubang. Awalnya sih tidak menjadi masalah, tapi jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan tanaman tidak mau berbuah. Lantas apa sebenarnya penyebab daun jambu air berlubang atau bolong-bolong?

Penyebab Daun Jambu Air Bolong-Bolong dan Cara Mengatasinya
Daun jambu air terlihat berlubang karena dimakan ulat daun ( Gambar oleh : Wahyu H.W/admin dasar-pertanian )


Penyebab daun jambu air menjadi berlubang ini dikarenakan adanya kontak dengan hama maupun penyakit. Biasanya hama yang sering menggerogoti daun jambu air adalah hama ulat. Ada banyak jenis ulat yang sering memakan daun jambu air hingga daun jambu sampai berlubang. Jika daun jambu sudah habis dimakan, otomatis perkembangan pohon jambu air akan menjadi kurang maksimal, produktivitas tanaman ini menjadi menurun bahkan bisa jadi tidak mau berbuah.

Selain hama ulat, penyakit juga menjadi faktor penyebab daun jambu bolong dan berlubang. Tapi biasanya penyakit pada tanaman ini muncul dikarenakan hama yang terlebih dahulu menyerangnya, sehinga meninggalkan penyakit yang bisa membuat tanaman jambu air mengalami penurunan daya tumbuh. Daun bisa berlubang dan keriting, lama-kelamaan daun jambu akan habis secara berangsur-angsur.

Berikut ini beberapa fakta dan kejadian yang sering terjadi pada tanaman jambu air, dan kami sendiri juga sering menjumpainya pada tanaman jambu yang sudah di budidayakan. Apa saja hal-hal yang sering terjadi pada daun jambu air? Berikut ini ulasannya :
 
  1. Daun jambu air mengalami jendol-jendol seperti jerawat dan belum berlubang. Jika terjadi kasus seperti ini pada tanaman jambu air anda, maka hal ini dikarenakan anda terlambat dalam menyemprot racun ulatnya, akibatnya benih-benih hama ataupun penyakit sempat hinggap pada daun.
  2. Daun jambu sedikit-demi sedikit menjadi habis sampai-sampai tinggal batangnya saja, hal ini dikarenakan daun jambu dimakan oleh ulat atau belalang.
  3. Daun jambu menjadi berlubang-lubang sehingga jika dibiarkan lama daunnya akan habis dan rusak. Hal ini dikarenakan daun jambu dimakan oleh ulat daun.
  4. Daun jambu bergulung-gulung dan terlihat seperti ada seperti jaring laba-labanya. Hal ini disebabkan adanya ulat daun yang tinggal bersarang didalam daun jambu air tersebut.
Itulah beberapa penyeba kenapa daun jambu air berlubang dan bolong-bolong. Terus bagaimana cara mengatasi daun jambu yang bolong dab berlubang tersebut? Untuk mengtasinya anda bisa baca pada artikel saya yang ada pada link berikut ini.
Silahkan baca : Cara Mudah Mengatasi Daun Jambu Yang Bolong atau Berlubang

Demikianlah informasi tentang Penyebab Daun Jambu Air Bolong-Bolong dan Cara Mengatasinya, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Penyebab Daun Jambu Air Bolong-Bolong dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment