Penyebab Buah Matoa Rontok dan Cara Mengatasinya

Dasar Pertanian - Penyebab buah matoa sering rontok sebelum matang sagatlah banyak dan beragam, mulai dari faktor iklim dan cuaca, serangan hama penyakit, maupun faktor lainnya yang berasal dalam tanaman itu sendiri. Makanya disini dasar-pertanian akan membahas tentang apa penyebab buah matoa rontok dan bagaaimana cara mengatasinya. Untuk itu silahkan anda baca terus artikel ini sampai habis ya..

Buah matoa ini sendiri adalah buah yang berasal dari daerah papua dan menjadi salah satu buah khas papua. Pertumbuhan yang cepat dan memiliki daging buah yang lezat, kalau bisa dikatakan hampir mirip dengan buah kelengkeng, membuat semua orang ingin menanam buah matoa sendiri dirumah. Buah yang memiliki nama latin Pometia Pinnata ini sangat digemari semua kalangan. Namun didalam membudidayakan tanaman ini, diperlukan perawatan yang ekstra, karena jika tidak dilakukan perwatan, bisa jadi hasilnya tidak optimal. Salah satu masalah yang sering terjadi pada tanaman matoa adalah buah matoa sering mengalami kerontokan sebelum matang sempurna. Sehingga harapan kita untuk menikmati buah matoa khas papua ini jadi gagal deh. Lantas apa sih sebenarnya faktor penyebab buah matoa sering rontok dan menyebabkan gagal panen? Berikut ini dasar-pertanian akan membahasnya sesuai dengan pengalaman dan temuan sendiri.

Penyebab Buah Matoa Rontok dan Cara Mengatasinya
Buah matoa terlihat kurang maksimal dan banyak rontok ( Foto original dasar-pertanian.blogspot.com )

Penyebab Buah Matoa Sering Rontok


Dalam artikel ini admin akan membagi faktor penyebab buah matoa sering rontok menjadi dua bagian, yaitu faktor dari luar (eksternal) dan faktor dari dalam (internal). Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Faktor dari luar tanaman (eksternal)

Adapun penyebab kenapa buah matoa anda sering mengalami kerontokan sebelum bisa menjadi buah yang matang adalah karena beberapa faktor, yang pertama adalah faktor dari luar tanaman atau faktor eksternal. Apa saja faktor dari luar yang menyebabkan buah matoa mudah rontok? Adapun beberapa contoh faktor eksternal yang menyebabkan buah matoa sering rontok adalah :
  • Iklim dan cuaca
Faktor iklim dn cuaca sangat mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya buah matoa. Maksudnya adalah apabila buah matoa memasuki masa generatif, kemudian tiba musim kemarau maupun musim hujan secara berlebihan, akan mengakibatkan kerontokan buah secara dini. Hal ini biasa dikenal dengan istilah  faktor cuaca ekstrim, makanya sering kali terjadi kerontokan pada buah maupun bunga tanaman.
  • Serangan hama dan penyakit
Selain karena faktor cuaca yang kurang bersahabat, pengaruh hama dan penyakit sangat besar sekali. Karena hama dan penyakit akan membuat tanaman buah matoa yang mulai berbunga menjadi gagal, akibatnya sebelum bisa menjadi buah yang sempurna sudah rontok terlebih dahulu. Memang hama dan penyakit ini adalah salah satu faktor penyebab buah matoa mudah rontok dan gagal panen, jika tidak segera disegah dan ditanggulangi akan merugikan sekali.
  • Kurang pasokan air
Ketika tanaman buah matoa sudah memasuki masa berbunga, air sangat penting sekali guna memperlancar proses pembuahan. Maka dari itu jika tiba musim kemarau, penyiraman tanaman harus dilakukan setidaknya dua kali sehari.
  • Kurang pupuk
Tidak hanya kurang air saja, tapi kurang pupuk juga bisa menyebabkan buah matoa mudah rontok, untuk itu pupuklah tanaman secara rutin dan berkala agar buah matoa tidak mudah rontok. Selain itu jenis pupuk juga mempengaruhi buah matoa, untuk itu pilihlah jenis pupuk yang baik dan cocok untuk buah matoa.

2. Faktor dari dalam tanaman

Faktor penyebab buah matoa sering rontok tidak hanya berasal dari luar tanaman saja, tapi bia juga berasal dari dalam tanaman. Contohnya adalah kualitas bibit yang tidak baik, penyerbukan yang tidak sempurna. Semua hal itu memang harus kita perhatikan sebelum kita menanam buah matoa.

Cara mengatasi buah matoa yang sering rontok bisa anda baca pada artikel lainnya pada link berikut ini.
Silahkan baca : Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok

Itulah beberapa Penyebab Buah Matoa Sering Rontok dan Cara Mengatasinya, semoga dapat dijadikan masukan dan wawasan bagi anda semua.

0 Response to "Penyebab Buah Matoa Rontok dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment