Ternyata Hama Ini Yang Suka Menyengat Buah Matoa Hingga Busuk

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit menjadi musuh utama bagi para petani, karena akibat adanya hama dan penaykit tersebut, banyak diantara mereka yang mengalami gagal panen. Seperti yang baru-baru ini di alami seorang petani buah matoa yang harus mengalami kerugian total akibat seluruh buah matoa yang tinggal menunggu panen busuk dan pecah-pecah kulitnya. Kalau satu atau dua buah sih tidak menjadi masalah, tetapi parahnya ini hampir seluruh buah matoa mengalami pecah pada bagian kulitnya, sehingga dengan pecahnya kulit tersebut membuat buah tidak bisa dipanen dan hanya busuk dan banyak dimakan serangga dan hama lainnya. Kira-kira hama apa yang menyebabkan buah matoa menjadi busuk dan membuat petani gagal panen?

Salah satu hama yang berhasil kami temukan pada tanaman matoa dan mungkin saja hama ini menjadi faktor penyebab buah matoa menjadi busuk. Hama ini adalah lebah kecil atau tawon dengan ukuran yang sangat kecil sebesar lalat. Lebah ini saya perhatikan dan saya amati sedang menghisap cairan pada buah matoa. Akibat sengatan tersebut buah menjadi busuk dan jatuh. Parahnya lagi, tidak hanya satu atau dua ekor saja yang menyentuh buah matoa ini, tapi jumlahnya lumayan banyak. Rata-rata seluruh bagian tangkai buah di hinggapinya dan disengat.

Hama Pada Tanaman Buah Matoa
Gambar hama pada tanaman matoa ( Foto by Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )


Jika tidak segera dilakukan pencegahan dan penanganan, maka seluruh buah matoa akan busuk, pecah, dan rontok sebelum bisa di panen. Bagaiamana cara melakukan pencegahan agar buah matoa tidak busuk dan bisa dipanen dengan maksimal? Salah satu caranya adalah dengan mencegah hama dan penaykit agar tidak mengganggu tanaman matoa.
Silahkan baca : Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit

Selain dengan melakukan pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit, ada cara yang harus kita lakukan agar tanaman matoa dapat berbuah maksimal, yaitu dengan memberikan pupuk berkualitas. Lalu apa jenis pupuk untuk buah matoa yang baik dan dapat meningkatkan produksi buah matoa?
Baca disini : Pupuk Buah Matoa Yang Baik dan Berkualitas

Itulah sedikit informasi tentang salah satu hama yang menyerang buah matoa, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Ternyata Hama Ini Yang Suka Menyengat Buah Matoa Hingga Busuk"

Post a Comment