Kiat Menjadi Petani yang Sukses Versi Dasar Pertanian

Dasar Pertanian - Petani adalah seseorang yang bekerja bercocok tanam, baik tanaman keras maupun lunak. Adanya petani membuat kebutuhan pangan kita menjadi terpenuhi, namun jika tidak ada petani bisa jadi kita tidak bisa makan karena kebutuhan pokok tidak ada yang menanam. Maka sungguh besar jasa seorang petani, yang sepatutnya kita apresiasi dan jangan sampai kita rendahkan mereka. Jika anda adalah seorang petani, maka sungguh besar jasa anda. Maka jadilah petani yang sukses dan dapat memberikan manfaat bagi semua orang.

Menjadi petani yang sukses adalah keinginan semua petani, namun untuk menjadi seorang petani yang sukses di perlukan kerja keras dan perlu juga banyak belajar. Jadi tidak sembarang kita bisa menjadi petani begitu saja tanpa ada pembelajaran di bidang pertanian. Jika menjadi petani tanpa belajar, hasilnya tentu sangat memprihatinkan. Berikut ini kiat-kiat menjadi seorang petani yang sukses.


Kiat Menjadi Petani yang Sukses


1. Mau belajar

Apakah menjadi petani perlu belajar? Jika tujuan kita ingin jadi petani sukses maka jawabannya adalah iya. Karena seorang petani yang sukses di awali dengan belajar, mulai dari nol sampai benar-benar bisa memahamisemua bidang dalam pertanian. Bisa teoari dan juga praktiknya, maka dengan demikian sudah pasti akan menjadi petani yang sukses.


2. Selalu berinovasi

Kalau ingin menjadi petani yang sukses, kita harus bisa berinovasi dan menciptakan pengalaman-pengalaman baru yang berbeda dari yang lain, namun mampu memberikan dampak baik bagi dunia pertanian. Misalnya kita bisa menciptakan inovasi baru dalam bidang pengolahan limbah pertanian. Sehingga jika kita melakukan inovasi tersebut, akan membuat kita menjadi sorotan petani lainnya dan tentunya ekonomi menjadi meningkat.


3. Belajar dari kegagalan

Gagal dalam berusaha adalah wajar, namun kita meskipun petani juga harus bisa belajar dari kegagalan. Maksudnya adalah kita harus bisa merubah cara ataupun metode yang sebelumnya kita gunakan agar tidak lagi gagal dalam bercocok tanam. Kita harus tahu apa penyebab kegagalan dalam bercocok tanam, sehingga dengan demikian untuk kedepannya kita sudah tahu tehnik yang baik dan benar dan tentunya akan terhindar dari kegagalan.


4. Memiliki relasi dengan para pedagang besar atau koperasi

Maksudanya adalah kita harus memiliki hubungan baik dengan mereka, tujuannya adalah supaya kita tidak jatuh pada tengkulak tengkulak yang tega mempermainkan para petani dengan membeli hasil pertanian dengan harga yang sangat murah. Berbeda jika kita kenal dengan pedagan besar atau koperasi,maka harga jual hasil pertanian akan jauh lebih besar. Jika perlu buat kelompok tani agar bisa berkomunikasi dengan petani lainnya.


5.Menjaga kualitas produk pertanian

Iniadalah kunci dari semua tips diatas, jika tidak ada poin ini, percuma saja kita bercocok tanam dan berharap menjadi petani sukses. Karena dalam usaha pertanian, yang menjadi pokok inti adalah produk atau hasil pertanian. Jika hasil pertanian berkualitas dan bertahan terus dari waktu ke waktu, maka kesuksesan akan kita raih dengan mudah, berbeda jika kita tidak mementingkan kualitas produk.

Itulah beberapa Kiat Menjadi Petani yang Sukses Versi Dasar Pertanian, semoag bermanfat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Kiat Menjadi Petani yang Sukses Versi Dasar Pertanian"

Post a Comment