Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal merupakan cara yang saya gunakan dalam budidaya jeruk sunkist. Jeruk merupakan jenis tanaman buah yang menghasilkan vitamin C yang baik untuk tubuh. Banyak mengkonsumsi buah jeruk akan membuat kita terhindar dari penyakit sariawan, panas dalam, dan sebaginya. Kandungan vitamin dalam buah jeruk sangat berguna dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan menjaga selalu tubuh kita tetap sehat.

Buah jeruk ini sangat beragam jenis dam macamnya. Pada postingan kali ini dasar pertanian akan memberikan sedikit info tentang bagaimana cara agar bisa budidaya jeruk sunkist dengan hasil yang maksimal. Jeruk sunkis merupakan salah satu verian jeruk yang ada diseluruh penjuru dunia ini. Jeruk sunkist inipun juga bermacam-macam jenisnya, ada yang impor dan ada juga yang lokal. Jeruk sunkis impor biasanya berwarna kuning dan banyak dijual ditoko-toko buah, juga biasanya dibuat minuman segar dalam kemasan berupa kaleng. Sedangkan jeruk sunkist lokal yang biasanya kita jumpai berwarna hijau dan banyak dibudidaya di indonesia. Saya sendiri juga membudidayakan jeruk sunksit hijau ini.

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal
Buah jeruk sunkist hasil budidaya sendiri ( foto pribadi: wahyu hendro wibowo )

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal
Tanaman buah jeruk sunkist dikebun sendiri ( Foto pribadi : wahyu hendro wibowo )

Dalam membudidayakan buah jeruk, baik jeruk manis manis maupun jeruk sunkist sangatlah mudah jika anda tahu tips dan tehniknya. Karena budidaya buah jeruk ini tidak boleh sembarangan, dalam arti kata harus melakukan perawatan intensif agar tanaman dan buah jeruk tidak diserang hama penyakit. Begitupun dengan jeruk sunkist, anda diharuskan melakukan perawatan intensif dari sejak awal menanam sampai tanaman jeruk sunkist berbuah. Ketika jeruk sunkist sudah berbuah, inilah yang sangat perlu bagi anda untuk melakukan perawatan intensif, karena jika tidak maka buah jeruk sunkist yang mulai berbuah akan diserang hama penyakit. Tanaman jeruk sunkist ini sangat rentan terhadap hama penyakit, jika tidak dicegah dan tidak melakukan perawatan dengan baik, maka buah akan banyak yang busuk karena diserang hama dan penyakit. Untuk itu silahkan baca artikel saya yang lain tentang Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Tanaman Jeruk Sunkist.

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal


1. Pemilihan bibit jeruk sunkist

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal yang pertama adalah anda harus memilih dan menentukan bibit jeruk sunkist yang terbaik. Pilihlah bibit yang terhindar dari penyakit, jika anda membeli bibit harus pilih yang memiliki sertifikat. Adapun cara memilih bibit jeruk sunkist yang baik adalah :
  • Pilih bibit yang berasal dari induk atau tanaman jeruk sunkist yang baik.
  • Pilih bibit yang memiliki tinggi kisaran 50-60 cm dan memiliki umur sekirang 3-5 bulan.
  • Pilih bibit yang terhindar dari penyakit, akan nampak pada batang dan daunnya.
  • Jika membeli bibit, perhatikan sertifikat yang ada pada tanaman atau bibit.

2. Pemilihan tempat atau lokasi penanaman

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal yang kedua adalah memilih lokasi tempat menanam bibit jeruk sunkist. Jika anda menanam dalam pot, pastikan anda pilih tanah yang subur dan baik. Jika anda menaman pada kebun, sebaiknya tanam pada tanah yang subur dan tidak tandus. Hal ini agar hasil yang ingin dicapai baik dan maksimal.

3. Perawatan tanaman buah jeruk sunkist

Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal yang ketiga adalah melakukan perawatan tanaman buah jeruk sunkist dengan baik. Adapun cara perawatan yang baik adalah :
  • Melakukan pemupukan tanaman secara berkala. Adapun cara pemupukan tergantung pada umur tanaman jeruk sunkist, lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini.
- Umur 1 tahun : pupuk kandang/kompos 3 kaleng minyak ukuran 20 liter, ZA 200-300 gram, DS 50 gram, ZK 200 gram.
- Umur 2 tahun : pupuk kandang/kompos 4 kaleng, ZA 200-300 gram, DS 50 gram, ZK 200 gram.
- Umur 3 tahun : pupuk kandang/kompos 6 kaleng, ZA 200-450 gram, DS 75 gram, ZK 250 gram.
  • Melakukan penyemprotan hama penyakit pada tanaman jeruk sunkist.
  • Melakukan penyiraman tanaman secara rutin.
  • Melakukan penggemburan tanah pada tanaman jeruk sunkist.
  • Pembersihan gulma atau rumput liar yang ada disekitar tanaman jeruk sunkist.
  • Melakukan pemangkasan tunas jeruk sunkist.
Baca Juga : Manfaat Pupuk Kadang Untuk Tanaman Jeruk Sunkist Lokal
Itulah beberapa Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal yang dapat saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan jeruk sunkist lokal ini.

1 Response to "Tips Ampuh Budidaya Jeruk Sunkist Lokal"

  1. Pak, saya bingung dengan jeruk sunkist ini. Apakah bibit jeruk sunkist yang banyak dijual di Indonesia sama seperti sunkist yang dijual di supermarket (warna kuning)? Terima kasih

    ReplyDelete