Tips Memilih Plastik Mulsa Untuk Budidaya Tanaman Cabai

Dasar Pertanian - Tahukah anda apa itu mulsa? Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya yang bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma maupun penyakit sehingga membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik (sumber: wikipedia). Dalam budidaya cabai, sering kali kita dengar penggunaan mulsa untuk menutupi bedengan atau gundukan tanah. Adapun tujuan penggunaan mulsa dalam budidaya cabai adalah sama yaitu supaya gulma tidak tumbuh, tanah menjadi lembab, dan menekan serangan hama penyakit.

Berbicara tentang mulsa, mungkin yang anda tahu jenis-jenis mulsa itu hanya terbuat dari plastik saja, tapi perlu anda ketahui bahwa mulsa ini bisa dibuat dari bahan organik seperti jerami, dan bisa juga terbuat dari bahan sintesis kimia seperti plastik yang tidak bisa terurai. Dari kedua jenis mulsa tersebut yang paling banyak digunakan petani justru mulsa yang terbuat dari plastik.

Baca juga : Keunggulan Menanam Cabai Menggunakan Mulsa

Sebelum kita membeli plastik mulsa, ada baiknya kita memilih plastik mulsa yang baik dan benar supaya nanti tidak kecewa. Maksudnya adalah kita tidak boleh sembarang beli, harus tahu ciri-ciri plastik mulsa terbaik dan jenis-jenis plastik mulsa yang sering digunakan para petani. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi sedikit informasi tentang tips memilih plastik mulsa untuk budidaya cabai. 

Tips Memilih Plastik Mulsa Untuk Budidaya Tanaman Cabai


Tips Memilih Plastik Mulsa Untuk Budidaya Tanaman Cabai


1. Dari segi kualitas

Sebelum anda membeli plastik mulsa, sebaiknya anda wajib tahu bagaimana ciri-ciri mulsa plastik yang berkualitas. Karena jika tidak tahu bisa saja anda tertipu dengan banyaknya mulsa plastik palsu dan terbuat dari bahan yang tidak bagus. Baru sebentar dipasang plastik mulsa sudah robek dan hancur, maka anda harus waspada dan teliti sebelum membelinya.


2. Jangan tergiur harga murah

Seperti yang sudah admin katakan tadi bahwa anda harus teliti dalam memilih jenis plastik mulsa, jangan anda tergoda dengan harga yang murah. Utamakan kualitas biarpun harganya sedikit mahal, dari pada anda beli murah tapi murahan dan cepat rusak.


3. Sesuaikan ukuran plastik mulsa dengan bedengan

Selain itu anda juga harus memilih jenis plastik mulsa yang cocok dan sesuai dengan lebar bedengan anda. Artinya anda beli plastik mulsa yang pas dan sesuai dengan lebar bedengan yang sudah anda buat. Kalau panjangnya bisa anda atur dan tentukan sendiri.


4. Ukur panjang bedengan terlebih dahulu

Untuk meminimalisir berlebihnya plastik mulsa, anda bisa ukur dahulu panjang bedengan yang anda buat, kira-kira butuh berapa meter sehingga ketika anda beli tidak banyak lebih.

Mungkin hanya itu Tips Memilih Plastik Mulsa Untuk Budidaya Tanaman Cabai, semoga informasi singkat dan sederhana ini bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Tips Memilih Plastik Mulsa Untuk Budidaya Tanaman Cabai"

Post a Comment