Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Cabai

Dasar Pertanian - Budidaya cabai tentu tidak akan lepas dari yang namanya penyakit dan juga hama. Jika kita berbicara masalah penyakit pada tanaman cabai tentu tidak akan pernah habis habisnya. Sebagai seorang petani yang profesional tentu kita sudah tahu dan paham bagaimana cara mengatasi tanaman cabai yang terserang penyakit. Bagi petani yang masih pemula mungkin datangnya penyakit dan juga hama menjadi kendala berarti bagi mereka. Jangankan bagi petani pemula, bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di bidang tanaman cabe saja terkadang merasa bingung dan terganggu dengan adanya penyakit dan juga hama yang kerap kali datang menyerang tanaman cabai mereka.

Dari sekian banyaknya jenis penyakit pada tanaman cabai salah satu jenis penyakit yang kerap kali menyerang tanaman cabai adalah penyakit layu fusarium. Adapun penyakit layu fusarium ini disebabkan oleh Jamur Fusarium oxysporum (Fo). Jika penyakit layu fusarium ini tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi pada tanaman cabe kita yang lain. Jika kita sudah menemui gejala penyakit layu fusarium pada salah satu tanaman cabe kita, maka hendaknya kita segera membasmi dan memberantasnya sampai habis dan tuntas.

Lalu Bagaimana cara mengatasi penyakit layu fusarium pada tanaman cabe yang baik dan benar? Berikut ini dasar pertanian akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mengatasi penyakit layu fusarium pada tanaman cabai. 
 
Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Cabai


Cara Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Cabai



Jika Anda menjumpai tanaman yang terserang penyakit layu fusarium maka berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan:


1. Jika anda menjumpai beberapa tanaman cabai ada menunjukkan gejala-gejala penyakit layu fusarium, maka segera cabut tanaman yang terkena serangan layu fusarium tersebut dan anda bisa membakarnya. Selain itu anda juga bisa membuang beberapa bagian tanah bekas akar tanaman cabai yang terserang penyakit layu fusarium, lalu anda harus menyemprotkan cairan fungisida berbahan aktif clorotalonil  atau tembaga hidroksida.

2. Menggunakan fungisida sistemik dengan jangka waktu selang 3 hari sekali,  aplikasikan juga trichoderma di area sekitar tanaman agar tamanan lainnya tidak terinfeksi oleh penyakit tersebut.

Itulah cara mengatasi layu fusarium pada tanaman cabe, mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Cabai"

Post a Comment