Cara Mencegah Tanaman Cabai Agar Tidak Terserang Penyakit Layu Fusarium

Dasar Pertanian - Penyakit layu fusarium adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan jamur yang dapat membuat tanaman menjadi layu dan bahkan mati. Penyakit layu fusarium ini tidak dapat di obati, maksudnya adalah jika tanaman sudah terserangn layu fusarium, maka ini tidak dapat di obati dan tidak ada obatnya. Maka yang harus kita lakukan adalah melakukan pencegahan agar penyakit layu fusarium tidak menjangkit tanaman cabai yang sudah kita budidayakan.

Cara mencegah tanaman cabai agar tidak terserang layu fusiarium bisa anda simak penjelasannya berikut ini :

Cara Mencegah Tanaman Cabai Agar Tidak Terserang Penyakit Layu Fusarium

Cara Mencegah Tanaman Cabai Agar Tidak Terserang Penyakit Layu Fusarium


1. Mengurangi Pupuk Berkadar Nitrogen (N)

Untuk menghindari agar tidak terjadi penyakit fusarium pada tanaman cabai, sebaiknya kita mengurangi pemupukan dengan kadar Nitrogen (N), artinya pupuk yang harus kita berikan harus mengandung unsur Kalium (K), Zn (seng), dan Kalsium (Ca), setelah itu kita bisa menambahkan larutan pupuk phonska cair. Apakah tidak boleh menggunakan pupuk Nitrogen? Boleh, namun kadar atau dosisnya jangan berlebihan.

2. Menjaga kebersihan lahan

Untuk mencegah agar tanaman cabai tidak terserang layu fusarium adalah kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan lahan. Karena hama dan penyakit akan suka tinggal pada area yang tidak bersih, semak, dan jarang disentuh.

3. Menggunakan fungisida

Cara mencegah layu fusarium pada tanaman cabai yang selanjutnya adalah kita bisa menggunakan fungisida seperti Kocide atau Dhitane atau bisa juga merek yang lain asalkan sama kandungan bahan aktifnya.

Itulah beberapa Cara Mencegah Tanaman Cabai Agar Tidak Terserang Penyakit Layu Fusarium, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencegah Tanaman Cabai Agar Tidak Terserang Penyakit Layu Fusarium"

Post a Comment