Inilah Kandungan Pupuk TSP dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Dasar Pertanian - Pupuk TSP atau singkatan dari "Triple Super Phosphate" termasuk salah satu jenis pupuk anorganik yang banyak manfaatnya. Kandungan pupuk TSP ini sangat bermanfaat sekali pada tanaman, sehingga pupuk TSP ini banyak digunakan oleh petani pada lahan pertanian maupun perkebunan mereka. Didalam pupuk TSP mengandung unsur hara Phosphate yang banyak sekali kegunaannya pada tanaman. Tahukah anda apa itu Phosphat?

Adapun kandungan dari pupuk TSP ini adalah sebagai berikut :
  • Mengandung : P2O5 dengan kadar sekitar 44-46%
  • Berwarna hitam agak ke abu-abuan
  • Berbentuk granular atau butir-butir
  • Kemasan pada umumnya karung plastik dengan berat 50 Kg

Kandungan Pupuk TSP dan Manfaatnya Bagi Tanaman


Apa saja sebenarnya Manfaat Pupuk TSP ini bagi tanaman? Adapun manfaat pupuk TSP terhadap tanaman cukup banyak, berikut ini beberapa manfaat dari pupuk TSP yang perlu anda ketahui :
 
  1. Bisa membuat batang tanaman lebih kuat. Dengan pemupukan rutin, maka batang tanaman akan lebih kuat dan tidak mudah roboh.
  2. Dengan pemupukan rutin juga akan meningkatkan caya tahan tanaman terhadap serangan hama maupun penyakit. Sebagaimana kita ketahui bahwa hama dan penyakit adalah faktor pemicu gagalnya budidaya tanaman, maka anda bisa menggunakan pupuk TSP sebagai pencegahnya, setidaknya tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  3. Memperkecil kemungkinan tanaman bisa roboh. Maksudnya adalah manfaat dari pupuk TSP ini bisa mengurangi resiko roboh pada tanaman.
  4. Manfaat pupuk TSP yang terakhir adalah dapat mempercepat proses pembungaan dan mempercepat pemasakan biji. Dengan demikian bisa mempercepat masa panen pada tanaman buah dan sejenisnya.

0 Response to "Inilah Kandungan Pupuk TSP dan Manfaatnya Bagi Tanaman"

Post a Comment