Cara Mengatur Jarak dan Pola Tanam Kelapa Sawit Yang Baik dan Benar

Dasar Pertanian - Mengatur jarak tanam adalah hal yang penting sebelum kita melakukan penanaman kelapa sawit. Karena pola tanam dan jarak tanam yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam budidaya kelapa sawit. Jika pola tanam dan jarak tanam yang kita gunakan tidak tepat, maka dapat mengakibatkan pertumbuhan kelapa sawit menjadi kurang maksimal, misalnya saja jarak tanam sawit terlalu rapat, tentu saja perkembangan sawit menjadi lambat, atau jika jarak tanam terlalu lebar juga kurang bagus. Begitu pentingnya mengatur jarak tanam dan pola tanam sebelum menanam sawit ini, membuat admin dasar-pertanian.blogspot.com ingin berbagi kepada para pembaca agar dapat memberikan sedikit wawasan dan informasi tentang bagaimana cara menanam kelapa sawit yang baik dan benar, terutama masalah pengaturan jarak tanam kelapa sawit.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sawit adalah tanaman keras yang memerlukan perhatian keras juga guna memperoleh hasil maksimal. Menanam sawit tidak boleh asal tanam saja, harus benar-benar serius dan yang paling penting adalah pengaturan jarak tanam dan pola tanam harus benar. Mengatur jarak tanam pada tanaman sawit bertujuan untuk memberikan ruang dan jarak antar pokok sawit satu dengan sawit lainnya. Pola tanam juga tak kalah pentingnya didala budidaya kelapa sawit. Berikut ini akan admin jelaskan bagaimana cara mengatur jarak dan pola tanam kelapa sawit yang baik dan benar.

Cara Mengatur Jarak dan Pola Tanam Kelapa Sawit Yang Baik dan Benar


Sebelum anda mulai menanam kelapa sawit, hal yang perlu diperhatikan sangat banyak, salah satunya adalah mengatur jarak tanam sawit dan pola tanam sawit yang baik dan benar. Karena seperti yang admin katakan diawal tadi bahwa jika anda salah mengatur jarak tanam, maka akibatnya tanaman sawit bisa tidak berkembang dengan baik. Untuk itu sangat penting mengatur jarak tanam ini sebelum kita menanam bibit sawit. Biasanya sebelum kita memulai menanam bibit sawit pada lahan, terlebih dahulu kita akan membuat pancang terlebih dahulu. Setelah itu kita atur jarak tanamnya. Lalu pertanyaannya berapa jarak tanam sawit yang benar?

Jarak tanam sawit yang baik dan sangat dianjurkan adalah 9 meter antar tanaman. Pola yang dapat dibuat adalah segitiga sama sisi. Jadi kita buat pola segitiga sama sisi dengan jarak disetiap tanaman adalah 9 meter. Dengan memberikan jarak tanam yang tepat ini akan memberikan ruang buat akar tanaman supaya dapat berkembang dengan baik. Untuk lebih jelasnya bagaimana gambar pola tanam dan jarak tanam kelapa sawit bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Mengatur Jarak dan Pola Tanam Kelapa Sawit Yang Baik dan Benar
Contoh gambar pola dan jarak tanam kelapa sawit ( Image by bijibersemi.com )


Jadi itulah Cara Mengatur Jarak dan Pola Tanam Kelapa Sawit Yang Baik dan Benar, semoga dengan adanya informasi singkat dari blog dasar-pertanian ini dapat menambah pengalaman dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Mengatur Jarak dan Pola Tanam Kelapa Sawit Yang Baik dan Benar"