Cara Mengatasi Jambu Air Yang Tidak Manis atau Hambar Rasanya

Dasar Pertanian - Pernahkah anda menanam jambu air yang memiliki rasa hambar dan tidak manis, sepat dan sebagainya sehingga percuma saja memiliki tanaman jambu tersebut karena tidak enak di makan? Seringkali kita menjumpai tanaman jambu air bahkan jambu madu pun ada kalanya memiliki rasa hambar dan sepat. Padahal secara umum buah jambu air seharusnya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Lalu apa penyebab buah jambu tidak manis dan sangat sepat sekali? Kemudian bagaiaman cara mengatasi jambu air yang tidak manis dan hanya memiliki rasa hambar?

Ada beberapa penyebab buah jambu air terutama jambu madu memiliki rasa tidak manis atau hambar, dan dalam postingan sebelumnya sudah admin tulis apa saja faktor penyebab buah jambu tidak manis. Bagi anda yang belum membacanya silahkan anda baca pada artikel yang ada pada link dibawah ini.

Silahkan baca : Penyebab Buah Jambu Madu Tidak Manis/Hambar

Setelah kita tahu penyebabnya kenapa buah jambu tidak manis dan hanya memiliki rasa yang hambar, lalu bagaimana cara mengatasinya agar kita bisa menikmati buah jambu air tersebut? Cara membuat buah jambu manis semanis madu sebenarnya cukup mudah, nanti akan kita bahas pula bagaimana cara membuat jambu madu semanis madu. Nah cara mengatasi jambu air yang tidak manis atau hambar adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Jambu Air Yang Tidak Manis atau Hambar Rasanya


Cara Mengatasi Jambu Air Yang Tidak Manis atau Hambar Rasanya


Jika pohon jambu air yang anda tanam sebelumnya memiliki rasa yang manis dan buah yang sekarang rasanya sudah tidak manis, hambar atau sepat maka bisa kita atasi dengan beberapa hal berikut, namun tips ini bukan jaminan kalau buah jambu air anda dapat manis kembali, hanya berdasarkan pengalaman. Maka silahkan dicoba terlebih dahulu siapa tahu cocok.
  • Silahkan anda perhatikan bagian akar pohon jambu air, apakah ada bagian akar yang keluar keatas permukaan tanah? Jika ada akar yang keluar maka silahkan anda timbun dengan tanah bercampur pupuk kandang. Atau bisa juga tanah yang bercampur dengan abu sisa pembakaran atau bisa juga pupuk organik lainnya. Kemungkinan rasa jambu yang hambar dan tidak lagi manis disebabkan oleh luka pada akar sehingga menyebabkan bakteri yang menyebab keseluruh tanaman. Apalagi akar adalah bagian vital tanaman yang berfungsi menyerap nutrisi bagi tanaman.
  • Perhatikan daun pada tanaman jambu air anda apakah bermasalah atau tidak. Jika daun jambu banyak yang cacat, seperti bolong/berlubang dengan jumlah yang hampir menyeluruh, menggulung atau daun keriting, maka anda harus cari tahu penyebabnya. Biasanya daun jambu yang bolong atau berlubang ini disebabkan oleh serangan hama dan penyakit. Bisa jadi rasa jambu yang hambar tadi karena kondisi daun yang sudah tidak bagus sehingga membuat rasa manis pada buah jadi hilang. Maka cara mengatasinya adalah dengan memberantas hama dan penyakit dan buat daun jambu menjadi pulih kembali.

Baca juga : Penyebab Daun Jambu Air Bolong/Berlubang dan Cara Mengatasinya
  • Perhatikan pemupukan pada pohon jambu yang anda lakukan apakah berlebihan atau tidak. Jika tanaman jambu air terlalu berlebihan dalam pemupukan maka bisa mengakibatkan rasa jambu menjadi hambar karena kelebihan nutrisi. Banyak petani jambu yang mengeluhkan tanaman jambu mereka tidak manis padahal tanaman subur dan daunnya lebar serta hijau. Maka itu merupakan penyeba buah jambu tidak manis, jadi pupuklah sesuai dengan anjuran dan dosis yang tepat.

Jadi itulah beberapa Cara Mengatasi Jambu Air Yang Tidak Manis atau Hambar Rasanya, mudah-mudahan bermanfaat dan setelah anda coba menerapkan harapannya adalah jambu air anda memiliki rasa yang manis semanis madu, tapi jika belum berhasil jangan anda menyalahakan admin karena diawal sudah di katakan ini kemungkinan dan bukan jadi jaminan. 

0 Response to "Cara Mengatasi Jambu Air Yang Tidak Manis atau Hambar Rasanya"

Post a Comment